Ngaben Bersama di Desa Adat Palian

Ngaben Bersama di  Desa Adat Palian

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM menghadiri Karya Atiwa-tiwa Ngaben Masal yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Adat Palian, Desa Luwus, Baturiti, Minggu, (13/3). Kegiatan ini dipusatkan di wantilan Desa Adat Palian. “Saya sangat bangga bisa hadir di tengah-tengah masyarakat, karena merupakan suatu kebahagiaan bisa bertatap langsung dengan masyarakat,” paparnya.

Bupati Sanjaya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan masyarakat Desa Adat Palian setiap 5 tahun sekali ini. Dia menganggap konsep ini sangat bagus dan berpihak kepada masyarakat. “Ini konsep pengabenan yang bagus sekali dengan landasan konsep gotong-royong. Jadi biayanya menjadi sangat ringan,” ujar Sanjaya.

Makna dari Nagben Masal ini sama dengan pengabenan yang dilakukan secara pribadi atau perseorangan. Pengabenan bisa menelan biaya yang cukup besar. “Karena ini pengabenan bersama, masing-masing sawa hanya kena kurang lebih 10 juta rupiah,” terangnya.

Bupati Sanjaya meminta kepada seluruh masyarakat agar mempertahankan semangat gotong-royong yang berlandaskan dengan rasa kekeluargaan. “Saya yakin kegiatan ini sudah dibangun dengan niat tulus ikhlas, sangkaning lascarya. Kalau semua landasan itu tidak ada, susah kita mewujudkan pembangunan. Ini merupakan sradha bhakti terhadap leluhur,” imbuhnya.

Bendesa Adat Palian, I Wayan Brata Yasa mengatakan, Ngaben kali ini diikuti oleh sebanyak 18 Sawa dan 2 Nyekah. Masing-masing sawa dikenakan biaya kurang lebih Rp. 10 juta rupiah. Atas kehadiran Bupati, Seluruh warga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan berharap pihak Pemkab dan jajaran akan selalu mendukung pembangunan di wilayahnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us