Ngaben Massal Kinembulan di Desa Adat Munduktemu

Ngaben Massal Kinembulan di Desa Adat Munduktemu

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya menghadiri Karya Ngaben Massal Kinembulan yang dirangkaikan dengan Metatah Masal dan Mepetik yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Adat Munduktemu, Kecamatan Pupuan, Minggu, (17/4). “Saya mewakili Pemerintah Kabupateb (Pemkab) bersama wakil rakyat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat, bendesa adat serta prawartaka karya yang telah membangun karya dengan baik sekali,” ucapnya.

Bupati Sanjaya yang saat itu didampingi Ketua DPRD Bali N. Adi Wiryatama, Sekda, OPD terkait, Camat Pupuan dan unsur Muspika Kecamatan Pupuan berharap, agar masyarakat selalu mampu menjaga tradisi, adat dan budaya yang adiluhung warisan dari leluhur. Dimana mampu menjaga keharmonisan antara krama, menjaga lingkungan dengan baik, serta menjaga keharmonisan alam. “Semoga, apa yang menjadi tujuan masyarakat disini dikala membangun karya, agar memperoleh jalan yang baik dan semoga memperoleh kerahayuan,” ajaknya.

Ketua Panitia, Gusti Putu Pastika mengatakan, sesuai perarem Desa Adat dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan sebenarnya sudah digelar pada tahun 2020 silam. Namun karena situasi pandemi, baru bisa dilaksanakan pada senin 18 april 2022 mendatang. Ngaben masal ini dirangkaikan dengan Metatah Masal serta upacara Mepetik. Ngaben masal diikuti oleh 44 sawa, Metatah 100 orang dan Mepetik 39 orang.

Biaya keseluruh upacara sekitar Rp. 276 juta, yang bersumber dari iuran peserta, desa adat serta pihak terkait lainnya. “Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait yang turut membantu sehingga acara ini telah berjalan dengan lancar. Dan saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Bupati dan pihak DPR dan semua undangan karena telah datang di acara kami,” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us