“Ngenteg Linggih” di Pura Dalem Alit Banjar Alangkajeng Mengwi

“Ngenteg Linggih” di Pura Dalem Alit Banjar Alangkajeng Mengwi

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri serangkaian Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mendem Pedagingan, Padudusan Alit Wraspati Kalpa di Pura Dalem Alit Banjar Alangkajeng, Desa Mengwi, Minggu (11/12). Karya yang di puput Ida Pedanda Nabe Griya Mandara Munggu. Bupati Giri Prasta melaksanakan persembahyangan bersama dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bupati Giri Prasta serahkan bantuan dana hibah Pemkab Badung sebesar Rp. 150 juta dan secara pribadi Rp 15 juta, anggota DPRD Bali Bagus I Alit Sucipta Rp. 5 juta, anggota DPRD Badung Made Suwardana Rp. 5 juta.

Bupati Giri Prasta mengatakan, rasa bangga kepada krama pengempon pura karena sudah melaksanakan pujawali dengan semangat gotong royong dan bersatu, semoga Ida Bhatara Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Alit ini senantiasa memberikan anugerah keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan bagi semuanya. Pemkab Badung berkomitmen melaksanakan pembangunan yang terpola dan menyeluruh.

Untuk segala pembangunan di desa, baik itu pembangunan Pura, Wantilan, Bale Banjar, Bupati siap membantu termasuk biaya upacara dan upakara. “Kami berkomitmen membantu meringankan beban masyarakat Badung yang kebanyakan waktunya habis di adat dan banyak dananya untuk meyadnya. Saya ingin seluruh pengempon pura tidak terpecah belah, seperti pepatah mengatakan kalau kita bersatu maka setengah perjuangan akan berhasil begitu pula sebaliknya jika kita tidak bersatu maka setengah perjuangan akan gagal untuk itu, untuk itu krama dalam melaksanakan kegiatan apapun harus bersatu seraya berharap rangkaian karya dapat berjalan lancar,” ungkap Giri Prasta.

Mangala karya Gusti Ketut Mudiana melaporkan terkait dudonan karya sudah dimulai pada tanggal (2/12) matur piuning dilanjutkan tanggal (11/12) mecaru penyapsap panca sanak lan melaspas pelinggih, ngajum tapakan pelinggih serta puncak karya akan dilaksanakan pada tanggal (14/12) mendem pedagingan caru rsi gana dan ngaturan piodalan.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada murdaning jagat Badung Bapak Giri Prasta sudah berkenan hadir memberi bantuan dana aci dan turut mendoakan sehingga upacara dapat berjalan lancar side karya sidaning don. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us