“Ngeratep” Petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Desa Adat Pohgading

“Ngeratep” Petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Desa Adat Pohgading

Walikota Jaya Negara menghadiri Karya Ngeratep, Melaspas, lan Pasupati Petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Kahyangan Desa, Desa Adat Pohgading, pada Jumat (16/9). Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara pun turut melaksanakan Ngeratep petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Kahyangan Desa, Desa Adat Pohgading.

Bendesa Adat Poh Gading Ubung Kaja, I Gusti Agung Ngurah Ketut Suparta mengatakan, saat ini dilaksanakan upacara Mecaru Eka Sata ring setra, Ngeratep, Melaspas, lan Pasupati Petapakan ring Pura Dalem. “Selain itu dilaksanaka juga pawintenan kepada Juru Canang lan Para Auban dan pada malam pukul 22.00 wita dilaksanakan Mesuci ring setra,” ucapnya.

Adapun proses renovasi Gedong Pelinggih Ratu Ngurah Agung dan Ngayum Petapakan ini telah dilaksanakan sejak tujuh bulan yang lalu dengan melibatkan undagi serta seluruh krama banjar di desa setempat. “Kami berharap setelah dilaksanakannya upacara Ngeratep dan Pemelaspasan ini agar kedepannya dapat dijadikan sebagai bahan renungan kepada generasi muda agar tetap selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang telah ada,” ucapnya.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara disela-sela pelaksanaan upacara tersebut mengatakan selain untuk meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat khususnya krama pengempon Pura Dalem Kahyangan Desa, pelaksanaan ini juga diharapkan mampu memancarkan energy dan aura positif di wilayah tersebut dalam menjalankan kehidupan sehari hari. “Ini merupakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya upacara ini agar dapat memberikan manfaat yang positif, baik secara sekala maupun niskala bagi masyarakat Desa Adat Pohgading dan Kota Denpasar,” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us