Normalisasi Tukad Pangrarungan Dimulai. Untuk Percepatan Penanganan Banjir di Denpasar

Normalisasi Tukad Pangrarungan Dimulai. Untuk Percepatan Penanganan Banjir di Denpasar

Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melaksanakan Normalisasi Muara Tukad Pangrarungan. Kegiatan yang merupakan kerjasama Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Pemerintgah Provinsi (Pemprov) Bali dan Pemkot Denpasar ini pengerjaannya mulai diresmikan oleh Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Kawasan Pemelisan Desa Adat Kepaon, Jumat (5/2).

Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Mariadi Utama mengatakan, program Normalisasi Tukad Pangrarungan ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mendukung percepatan penanganan banjir di Kota Denpasar. Hal ini mengingat sering terjadinya banjir di beberapa wilayah pemukiman Desa Pemogan, Desa Adat Kepaon termasuk di kawasan Pura Dalem Watugunung. “Mengingat masih sering terjadinya banjir di beberapa wilayah, maka dipandang perlu untuk melaksanakan normalisasi sungai, sehingga mampu memperlancar aliran air sungai di muara,” jelasnya

Saat ini telah diindentifikasi bahwa beberapa masalah terjadi di muara Tukad Pangrarungan. Yakni sedimentasi, sampah yang menumpuk serta ranting pohon yang menghambat alur sungai.
“Tentu dari pelaksanaam kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dengan lancarnya alur air sungai dapat mendukung percepatan penanganan banjir dan genangan saat intensitas hujan tinggi dan air laut pasang,” jelasnya

Wakil Walikota Jaya Negara mengucapkan terimakasih atas kerjasama lintas sektor ini. Dengan adanya normalisasi Tukad Pangrarungan ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan di muara Tukad Pangrarungan. Hal ini utamanya terkait dengan sedimentasi dan sampah yang menghalangi alur sungai. Sehingga maksimalnya kegiatan tersebut dapat mendukung percepatan penanganan banjir berkelanjutan di Kota Denpasar. “Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama lintas sektor ini. Kami berharap normalisasi Tukad Pangrarungan ini mampu memperlancar alur dan aliran air di sungai yang memberikan dukungan terhadap penanganan banjir berkelanjutan di Kota Denpasar,” ujarnya. (BTN/bud).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us