Nyekah Massal di Banjar Keraman, Desa Abiansemal

Nyekah Massal di Banjar Keraman,  Desa Abiansemal

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri karya pitra yadnya nyekah, metatah, mepetik dan menek kelih krama Banjar Keraman Abiansemal, bertempat di Balai Banjar Keraman Abiansemal pada Rahina Sukra, Paing Wuku Sinta, Jumat (3/9). Upacara yang digelar pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) sebagai uapaya pencegahan Covid-19. Saat itu, Bupati Giri Prasta memberikan punia Rp 50 Juta dan secara pribadi sebesar Rp 20 juta.

Bupati Giri Prasta merasa bangga dan angayu bagia, karena krama Banjar Keraman sudah melaksanakan yadnya yang utama, yaitu Memukur Nyekah sebagai dharmaning leluhur, di tengah mewabahnya virus corona dengan tetap mematuhi prokes ketat. Kondisi saat ini dapat disebut “Sabsab Gering Merana”, sehingga masyarakat diingatkan agar tetap melaksanakan prokes, dalam segala kegiatan, seperti kegiatan keagamaan ataupun kegiatan sehari-hari.

Mengenai karya pitra yadnya ini, atas nama Pemerintah Badung (Pemkab) Badung, dirinya sangat mendukung, karena melalui karya ini sebagai sebuah tanggung jawab dari pemilik sawa untuk menyucikan atma setelah diaben menjadi pitara dan melinggih di merajan rong tiga menjadi Dewa Hyang Guru. Karya pitra yadnya dapat disebut memukur kinembulan yang dilakukan bersama-sama dan bergotong-royong.

Kepada keluarga pemilik sawa khususnya, diharapkan dapat mengikuti setiap rangkaian upacara dengan baik. Seperti ngangget don bingin, murwa daksina, meprelina, meajar-ajar hingga ngelinggihan. “Ini sebuah proses yang harus diikuti guna mengantarkan atma menuju surga,” ungkap Giri Prasta.

Ketua Panitia Karya Ida Bagus Gede Puja Astawa menyampaikan terimakasih kepada murdaning jagad Badung yang telah berkesempatan hadir dan memberikan darma wacana terkait karya nyekah yang dilaksanakan. “Mudah-mudahan karya ini bisa berjalan labda karya sidaning don. Upacara ini diikuti 57 Sawa, metatah 100 orang, mepetik dan menek kelih 80 orang serta sumber dana dikeluarkan swadaya masing-masing Rp 5 juta per sawa,” paparnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us