“Open Gate” Pameran C5 Bali di JHub Art Space Jimbaran

“Open Gate” Pameran C5 Bali di JHub Art Space Jimbaran

Kebengkitan pariwisata Bali disambut dengan berbagai kegiatan seni. Bahkan, ajang seni berupa pameran seni rupa yang biasa dipamerkan di kawasa Ubud, kini juga di gelar di kawasan Bali Selatan, tepatnya di di JHub Art Space Jimbaran, Badung, Bali. Pameran bertajuk “Open Gate” itu melibatkan perupa muda yang tergabung dalam Kelompok C5 Bali. Pameran berlangsung mulai 2 – 25 Desember 2022 dibuka pengamat budaya Putu Suasta, Jumat (2/12).

Pelukis C5 Bali yang pameran tersebut yakni I Wayan Arnata, I Ketut Sugantika Lekung, I Nyoman Diwarupa, I Made Galung Wiratmaja, I Gusti Ngurah Putu Buda, I Ketut Agus Murdika dan I Komang Trisno Adi Wirawan. Masing-masing pelukis menampilkan tiga hingga lima buah karya. Wayan Arnata tampil dengan karya berjudul “Intuition, Nature Abstraction, Meniupkan Cinta dan Deer”, Ketut Sugantika Lekung tampil dengan karya berjudul “Wariga, Sarad, Cahaya Pagi, dan Prayascita’’ serta Nyoman Diwarupa menghadirkan karya bertajuk ‘’Growth Mindset, Sweet Hard, dan Outlook”.

Sementara Made Galung Wiratmaja menampilkan karya bertitel ‘’About the Green, Abstract Landscape 1 dan 2, dan Abstract Landscape — Mountain and Fog, Gusti Buda menghadirkan karya berjudul ‘’Magical Day, Charming Red, Menyambut Pagi, dan Golden Land’’, Agus Murdika tampil dengan karya berjudul ‘’Harmony of Soul 1 dan 2, serta Golden Sky’’, sedangkan Trisno Adi Wirawan ‘’Between the Shadow to The Beauty 1, 2 dan 3’’.

Open gate yang merupakan tajuk pameran kali ini, memiliki makna gerbang terbuka. Secara konsep open gate adalah kelanjutan dari pameran-pameran Kelompok C5 Bali sebelumnya. Sejak awal pameran C5 Bali selalu mengusung kebebasan berekspresi dalam berkarya. Setiap waktu adalah ruang tanpa tepi dalam setiap proses pencarian jatidiri. Open gate adalah representasi dari jalur- jalur kebebasan ekspresi itu sendiri, memberi sirkulasi keluar masuk tanpa terkekang batasan untuk menjadi apa atau siapa. Gerbang terbuka adalah kebebasan dan keleluasaan untuk terus bergerak dalam keberlanjutan.

C5 merupakan singkatan dari critical (kritisi), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), cooperation (kooperasi) dan creativity (kreativitas). C5 berbicara tentang sekumpulan perupa yang bergerak dan saling bertautan menjadi kesatuan. C5 saat ini beranggotakan seniman dari beberapa kota di Indonesia yaitu Yogyakarta, Jakarta, Bali dan Surabaya, tanpa dibatasi etnis dan usia. Sedangkan kelompok C5 Bali merupakan bagian kelompok C5 yang terdiri atas perupa yang berbasis di Bali.

Salah satu pelukis C5 Bali, I Made Galung Wiratmaja menyampaikan, dirinya tampil dengan karya abstrak. Menurutnya, mengimajinasikan atau merealisasikan imaji, adalah sebuah konskuensi dari kenyataan visual yang cenderung nir-rupa atau nir- bentuk. ‘’Visual abstrak memberi peluang lebih untuk pemanjaan imajinasi yang tak terbatas. Melalui pameran Open Gate ini, kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk berimajinasi tentang visual abstrak,’’ ujar Galung yang lulusan FSSRD Unud ini. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us