Panen Kedelai di TOSS Karangdadi

Panen Kedelai di TOSS Karangdadi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan panen kedelai bertempat di TOSS center Karangdadi Desa Kusamba, Rabu (13/7). Pada kesempatan tersebut Bupati Suwirta mengajak petani menghargai upaya Pemda Klungkung sekaligus menggunakan pupuk hasil produksi TOSS Karangdadi.
Dia juga berpesan kepada pengelola TOSS Center Karangdadi, apabila hasil uji coba ini dinyatakan bagus, maka TOSS Karangdadi harus dapat mempersiapkan pupuk kompos untuk melayani kebutuhan petani selanjutnya.
“Mudah-mudahan panen keledai menggunakan perlakuan pupuk kompos ini petani mendapat hasil yang bagus sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.
Kepala Dinas Pertanian Ida Bagus Juanida menyatakan panen kedelai dengan benih jenis varietas Devon I ini menggunakan tanah seluas 19,92 are yang dibagi menjadi 3 perlakuan, yakni Petak I menggunakan Pupuk Ozaki, Petak II menggunakan campuran Pupuk Ozaki dan Pupuk residu Black Gold, Petak III menggunakan Pupuk curah (Sampah Cacah) total Penggunaan pupuk sebanyak kurang lebih 3,585.60 kg. Hasil produksi biji kering yang diperoleh antara lain, untuk petak I dengan pupuk Ozaki sebanyak 150,30 kg, petak II dengan pupuk Ozak dan residu Black Gold sebanyak 166,34 kg, dan petak III dengan pupuk sampah cacah diperoleh 126,38 kg.
IB Juanida mengharapkan pupuk ini dapat tetap diproduksi, karena sangat membantu Dinas Pertanian dalam mewujudkan program menuju pertanian organik dan membantu mengurangi biaya pembelian pupuk. Dengan menggunakan pupuk organik dapat menjadi solusi kedepannya.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us