Panen Padi Hibrida Sembana 168 di Subak Telaga

Panen Padi Hibrida Sembana 168 di Subak Telaga

Semangat dan kerjasama harus terus dijaga agar proses pertanian bisa berjalan secara maksimal. Hal tersebut menjadi motivasi semangat ketika Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida memimpin tanda dimulainya panen padi di Subak Telaga, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Selasa (30/3). Kali ini jenis padi yang dipanen yaitu Padi Hibrida Sembana 168 dengan luas 2 Hektare.

Dalam arahannya tersebut, Bupati Suwirta tidak henti-hentinya memberikan motivasi dan semangat kepada para anggota Subak Telaga. Bimbingan dari Pemerintah diharapkan juga bisa diikuti dengan sebaik-baiknya. Langkah itu dilakukan agar nantinya apa yang menjadi program prioritas dari pemerintah bisa berjalan efektif dan efesien. “Apapun nanti bimbingan/arahan-arahan dari pemerintah mari ikuti dan laksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Suwirta kepada para subak.

Bupati Suwirta juga menambahkan Pemerintah akan serius menangani pertanian baik itu dari segi infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan perbenihan termasuk juga saluran irigasinya. Maka dari itu, Bupati juga sudah menugaskan Kadis Pertanian agar terus melakukan koordinasi dan para petani diharapkan tetap serius menekuni apa yang menjadi tugas-tugas pokok di bidang pertanian. “Semoga setelah panen ini bisa menghasilkan sesuatu yang kita harapkan bersama,” harap Bupati Suwirta

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan panen padi hibrida sembrada ini seluas 2 Hektare dengan hasil umbinan yaitu 11,8 ton dan terjadi potensi peningkatan hasil dari padi inhibrida seperti padi varietes Ciherang, inpari 42 dan cegelis sekitar 3 – 3,5 ton. Untuk Subak Telaga pada pola tanam bulan Juli akan dibantu atau difasilitasi bantuan padi inhibrida varietas Ciherang seluas 47 Hektare dan bantuan benih kedele seluas 20 Hektare ( bantuan kedele varietes Anjasmoro beserta pupuk NPK dan pupuk organik cair. Pengenalan varietes hibrida sembana yang mempunyai umur 133-115 HST dalam rangka peningkatan produksi padi di wilayah Subak Kabupaten Klungkung.

Selain itu, Kadis Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida menambahkan untuk Tahun 2021 Kabupaten Klungkung juga menyalurkan bantuan APBN, TP 2021 berupa bantuan benih padi inhybrida seluas 500 Ha varietes Ciherang di 7 subak, bantuan benih padi Biortifikasi (padi kaya gizi) beserta pupuk urea 100 kg/ha mengatasi stunting seluas 200 Ha di wilayah Kecamatan Banjarangkan, bantuan benih kedele beserta Saprodi berupa pupuk NPK dan pupuk organik cair seluas 250 Ha di subak se-Kecamatan Dawan, bantuan benih jagung untuk pangan 125 Ha di 8 Klp. Tani di Nusa Penida dilengkapi bantuan pupuk anorganik dan bantuan benih jagung hibrida kepada 44 kelompok tani di wilayah Nusa Penida.(BTN/ery).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us