Pasar Banyuasri Buleleng Bakal Dilengkapi “Rooftop Creative Space”

Pasar Banyuasri Buleleng Bakal Dilengkapi “Rooftop Creative Space”

Pasar Banyuasri Buleleng akan dilengkapi dengan Rooftop Creative Space (RCS). Rencana pembangunan RCS tersebut akan mengembangkan lantai 3 dari pasar itu. “Secara umum, kita tidak mengubah apa yang sudah ada pada Pasar Banyuasri namun kita kelola lebih maksimal dan “memindahkan” apa yang orang cari diluar agar datang ke Lantai 3 Pasar Banyuasri ini,” kata Asisten 2 Ekonomi dan Pembangunan Daerah Ni Made Rousmini, S.sos., M.AP saat memimpin rapat di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Selasa (21/12).

Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Buleleng, Gede Subianta Eka Kresnawan menegaskan, Pasar Banyuasri akan dikelola lebih maksimal, bukan mengubahnya. Nantinya pihak pengelola memperhatikan sarana dan prasarana yang belum termaksimalkan. Apa yang biasanya orang cari diluar itu, akan disiapkan, sehingga orang datang ke Lantai 3 Pasar Banyuasri ini. “Salah satunya dengan cara membangun Food Court, Playground, Sport, Co working Space, Zumba, Teater, Live Music, Public Event dan masih banyak lagi,” ungkap Eka dengan penuh antusias.

Ganesha sebagai anggota komite Ekraf juga menambahkan, nantinya akan diadakan Mural Space pada beberapa titik agar nuansa “Anak Muda” lebih terasa di RCS nantinya dan akan dibangun Skate Area bagi komunitas pecinta skateboard. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi kawula muda terlebih pelaku kreatif yang ada di Buleleng, karena akan segera ada wadah yang menampung kegelisahan mereka dalam berkarya.

Rapat ini turut dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos., MSi serta beberapa SKPD serta stakeholder terkait diantaranya Direksi PD Pasar, Ketua Bappeda, PD Suatantra, Direksi BPD Bali, Kadis Pertanian, Kadis Ketapang dan Ikan, Kadis PU, Kadis Perdagangan, Kadis Lingkungan Hidup dan seluruh pengurus komite ekonomi kreatif Buleleng.

Dilain kesempatan, Putu Suardhana selaku Bagian Keuangan PD Pasar mengungkapkan, ketertarikannya akan program pembangunan RCS ini mengingat pembangunan ini kelak akan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi pasar Banyuasri itu sendiri. disamping itu, dalam RCS Area ini juga turut dibangun SOBEAN MART dimana SOBEAN MART ini akan menawarkan produk UMKM lokal serta olahan hasil pertanian terbaik yang dimiliki Buleleng sesuai dengan Motto Pasar Banyuasri yaitu THE SPIRIT OF SOBEAN.

Tentu rencana ini masih belum sempurna dan akan terus dilakukan kajian dalam perencanaannya agar bisa memberikan hasil yang terbaik nantinya. “Program ini tentunya memerlukan semangat kolaboratif yang tinggi antara Pemda, Perumda PD Pasar dan Komite Ekraf Buleleng dalam realisasinya,” ungkap Ganesha. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us