Peduli Lingkungan, FSP Parekraf Gelar Baksos di Ekowisata Mangrove Batu Lumbang

Peduli Lingkungan, FSP Parekraf Gelar Baksos di Ekowisata Mangrove Batu Lumbang

Pekerja pariwisata, bukan hanya urusan melayani tamu, tetapi juga peduli terhadap lingkungan, utamanya daya tarik wisata. Peduli terhadap lingkungan, apalagi yang sudah menjadi objek wisata, maka keasriannya mesti dijaga. Karena itu, dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Federasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (FSP Parekraf) menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Ekowisata Mangrove Batu Lumbang di Desa Pemogan, Denpasar, Jumat (31/3).

Sebanyak 200 bibit mangrove ditanam dikawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bali itu. Seluruh anggota dan pengurus FSP Parekraf terlibat, sebab kegiatan ini juga sebagai cara untuk ikut mempromosikan kawasan wisata yang memang asri dan menarik ini. “Kegiatan Baksos hari ini bertepatan dengan perayaan hari jadi FSP Parekraf yang pertama. Kegiatan ini juga sebagai wujud peduli kita terhadap lingkungan. Apalagi huran mangrove ini menjadi tujuan wisata para turis,” kata Ketua Pengurus Daerah (PD) FSP Parekraf Bali, Putu Gunanta.

Penanaman mangrove dilakukan di tengah hutan mangrove dengan menaiki boat dan beberapa kano. Rute yang diikuti seperti jalur para wisatawan yang menelusuri hutan mangrove. Setelah penanaman mangrove, lalu dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih. Belakangan ini adalah musim hujan sehingga banyak plastic yang menutupi akar mangrove. pohon. “Sebagai pekerja, kami selalu mendukung program pemerintah, termasuk dalam menjaga lingkungan ini,” paparnya serius.

Sebelum penenaman bibit mangrove itu, Gunanta menyerahkan bibit mangrove secara simbolis kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali dan Kabupaten Badung serta Dinas Pariwisata Bali dan Dinas Pariwisata Badung secara simbolis. Lalu menyerahkan kepada pengurus FSP Parekraf masing-masing daerah dan para undangan. “Kami sengaja memilih Ekowisata Mangrove Batu Lumbang ini sebagai pusat penghijauan ini, karena disini akan terbentuk wahana ekowisata, sehingga FSP Parekraf bisa mendukungnya,” paparnya.

Sementara untuk kegiatan untuk organisasi bakal dicanangkan kembali, seperti di Karangasem dalam waktu dekat ini. Kegiatan ini dipusatkan di Bali bagian timur sebagai perencanaan sekaligus mengkondisikan anggota yang ada di Karangasem. “Di tengah mengeliatnya pariwisata ini, kami selalu mempersiapkan diri dengan mengisi diri, sebagai cara mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” tutupnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us