Pekerja Pariwisata Buleleng Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Pekerja Pariwisata Buleleng Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Semangat dan sangat serius. Para pekerja pariwisata, khususnya tenaga kerja dibidang housekeeping di Kabupaten Buleleng mengikuti pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja menuju profesional. Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Di masa pandemi, dimana kunjungan wisatawan yang masih sepi, maka diisi dengan kegiatan yang dapat meningkatn sumber daya, sehingga setelah pariwisata pulih para pekerja sudah siap dengan kemampuan yang handal dan profesional.

Pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja bidang housekeeping yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) berlangsung di Aula Kampus Monarch Bali, Kamis (9/12). Kegiatan ini diikuti 20 orang merupakan karyawan hotel di Buleleng. Setelah dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Industri Pariwisata, Putu Suryani, SS, para peserta kemudian langsung serius mengikuti pelatihan tersebut. Mereka akan mengikuti pelatihan selama dua hari, hingga 10 Desember 2021.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini diantaranya I Nyoman Rina Trisma W (Assesor), Ni Luh Sri Wadi, S. Pd (Pelatih Bidang Housekeeping) dan Putu Ayu Linda Kristiana Dewi, S. Pd (Pelatih Bidang Bahasa Inggris). Kegiatan pelatihan ini tentunya menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan menjaga jarak. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi di ruang kelas.

Ni Wayan Wulaningsih, SE mewakili Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Lembaga Pelatihan Kerja Monarch Bali mengungkapkan, dirinya merasa senang akan adanya pelatihan dan sertifikasi ini. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengisi diri dalam mewujudkan pariwisata yang berkualitas. Jika SDM sudah kompeten, maka akan mampu memberikan pelayanan yang baik, sehingga nantinya tercipta pariwisata yang berkualitas. “Kami berharap seluruh peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini guna meningkatkan kompetensi diri,” katanya.

Kabid Putu Suryani saat membacakan sambutan Plt Kepala Dispar Kabupaten Buleleng dimasa sekarang ini merupakan moment yang tepaty untuk mengisi lebih banyak lagi. Dirinya mengaku senang dengan antosias peserta dalam mengikuti pelatihan ini. “Kami berharap dengan adanya pelatihan serta pemberian sertifikasi ini mampu meningkatkan SDM perhotelan di Buleleng,” ungkapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us