Pelaku Usaha Pariwisata di Buleleng Belajar Penerapan CHSE dan OSS-RBA

Pelaku Usaha Pariwisata di Buleleng Belajar Penerapan CHSE dan OSS-RBA

Pariwisata Bali sudah menggeliat. Rute penerbangan internasional terus bertambah, sehingga wisatawan dari berbagai negara terus melakukan perjalanan wisata ke Bali. Tak hanya penerbangan internasional, penerbangan dari kota-kota di Indonesia juga tetap ada. Hal itu karena dibarengi dengan beberapa kemudahan yang diberikan oleh pemerintah, sehingga mendorong calon wisatawan untuk melakukan perjalana wisata ke Pulau Dewata. Hal tersebut tenuti disambut positif oleh para pengelola usaha wisata dengan terus mengisi diri sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Lihat saja di Kabupaten Buleleng, pelaku usaha akomodasi pariwisata, seperti pengelola hotel, villa, pondok wisata, homestay, jasa makanan dan minuman, restoran, bar serta café tengah serius mengikuti pelatihan kepariwisataan. Mereka mengikuti pembinaan dan sosialisasi penerapan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) yang disingkat CHSE (SNI 9042 : 2021) dan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Kegiatan ini digelar Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata, Putu Oka Sastra, SP, MMA bertempat di ruang rapat kantor setempat, Rabu (27/7). Narasumber yang dihadirkan dari Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) PT. QIS CERTIE Indonesia yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). “Pelatihan dan sosialisasi CHSE dan OSS-RBA ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas para pekerja pariwisata. Denganh kualitas pekerja, dapat meningkatkan kualitas pariwisata Bali Utara,” kata Putu Oka Sastra. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us