Pembinaan Pemangku dan Serati Banten di Desa Pemecutan Kelod

Pembinaan Pemangku dan Serati Banten di Desa Pemecutan Kelod

Desa Pemecutan Kelod bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar menggelar Pembinaan Pemangku dan Serati Banten se-Desa Pemecutan Kelod yang dilaksanakan di Kantor Desa setempat, Jumat (22/7). “Tujuan pelaksanaan pembinaan bagi Pemangku dan Serati Banten di wilayahnya ini bertujuan sebagai wadah pelestarian adat dan budaya,” kata Perbekel Desa Pemecutan Kelod, Wayan Tantra.

Dalam pembinaan ini Pemerintah Desa Pemecutan Kelod memberikan kepada peserta masing- masing alat kelengkapan tugas. “Kepada Pemangku, kami berikan berupa Wastra Saperadeg, Bajra dan kepada para Serati Banten diberikan Pengangge Saperadeg” jelasnya.

Dalam pembinaan ini diikuti oleh 32 orang Pemangku dan Serati Banten. Materi yang diberikan adalah “Sukretaning Pemangku dan Serati Banten”. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Kantor Kementrian Agama kota Denpasar yakni Ni Nyoman Ciri, serta Dr. I Nyoman Arya.

Melalui pelaksanaan pembinaan ini, diharapkan agar pemangku dan Serati Banten di Kota Denpasar memahami situasi dan kondisi era zaman sekarang. Pemangku dan serati Banten tetap berpegang pada sastra agama dan harmonisasi dalam menjalankan upakara Yadnya. “Begitu pula terkait dengan dinamika pengetahuan masyarakat tentang bebantenan agar pemangku serta Serati Banten memiliki literasi untuk menjelaskan makna bebantenan kepada masyarakat agar masyakarat memiliki pemahaman yang benar,” ucapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us