Pemerintah Kota Lhokseumawe Studi Tiru TOSS Klungkung

Pemerintah Kota Lhokseumawe Studi Tiru TOSS Klungkung

Pemerintah Walikota Lhokseumawe, Provinsi Aceh yang dipimpin Pj. Walikota Imran bersama Kadis Perindagkop dan Kadis PUPR belajar pengolahan sampah Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di Kabupaten Klungkung. Kehadiran rombongan diterima oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra, Kadis LHP I Ketut Suadnyana dan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung diruang kantor Bupati Klungkung, Rabu (31/8)2022.

Latar belakang kenapa Kabupaten Klungkung dipilih sebagai tempat studi tiru, karena TOSS Gema Santi telah ditetapkan sebagai role model mengenai pengolahan sampah pada acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tahun 2022 di Bogor.

“Berkat saran dari Bapak Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kami berkunjung guna mempelajari teknik pengolahan sampah yang terintegrasi pertanian, ” ujar Pj. Walikota Lhokseumawe Imran.

Pihaknya menambahkan, bahwa kota kelahirannya Lhokseumawe saat ini tengah mengalami persoalan penanganan sampah. Program inovasi pengolahan sampah TOSS ini mampu menarik perhatiannya, selain karena saran dari Menteri Tito Karnavian juga karena teknologi TOSS terintegrasi dengan sektor lain seperti pertanian.

Sementara itu Bupati Suwirta mengawali sambutannya menjelaskan proses awal dipilihnya teknologi TOSS untuk mengolah sampah di Klungkung. Program TOSS yang kini sudah berkembang dengan baik sehingga lolos menjadi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik. Sampah yang awalnya digunakan untuk pembuatan pelet pembangkit listrik kini berkembang menjadi penghasil pupuk organik guna mendukung pertanian organik.

“Semua didasari oleh komitmen dan keseriusan kita dalam menerapkan program TOSS ini. Teknologi ini harus diawali dengan pemilahan sampah dari rumah. Sosialisasi pemilahan sampah saya pimpin langsung dengan turun menemui masyarakat untuk mengingatkan pentingnya pemilahan. Sosialisasi dilakukan secara konsisten ke seluruh wilayah kota Semarapura. Tidak hanya diwilayah kota, kini hampir seluruh desa telah menerapkan teknologi TOSS, sedangkan untuk sampah plastik yang terkumpul sudah kami kerjasamakan dengan APSI yang akan membeli sampah plastik ini. ” ujar Bupati Suwirta. (BTN/ery)

Usai menyaksikan video mengenai inovasi TOSS, Pj. Walikota beserta rombongan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Ketut Suadnyana mengunjungi TOSS Center yang berada di Jl. Kusuma Bahari, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us