Pemkab Gianyar Kick Off Vaksin Anak Umur 6-11 Tahun

Pemkab Gianyar Kick Off Vaksin Anak Umur 6-11 Tahun

Kegiatan vaksinasi telah dimulai sejak Januari tahun 2021 hingga saat ini telah menyasar seluruh masyarakat usia 12 tahun keatas. Demi memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh kepada masyarakat, perlu dilakukan perluasan kelompok sasaran. Untuk itu, Pemkab Gianyar melaksanakan kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, Rabu (15/12).

Sekretaris Daerah (Sekda) I Made Gede Wisnu Wijaya mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun sesuai dengan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang pelaksanaan vaksinasi corona virus disease 2019 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun. “Target vaksinasi anak di Kabupaten Gianyar, sebanyak 40.787 anak yang terdiri dari 21.031 anak laki-laki dan 19.756 anak perempuan yang tersebar di 289 sekolah dasar atau madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar,” katanya.

Pelaksanaannya dilakukan di sekolah-sekolah mulai tanggal 15 sampai dengan 28 Desember 2021. “Pelaksanaannya periode pertama tanggal 15 sampai 28 ini di sekolah-sekolah SD atau pelaksanaannya berbasis sekolah. Kemudian periode kedua setelah tanggal 28 akan dilaksanakan vaksinasi susulan bagi anak yang belum divaksin pada veriode pertama yang dilaksankan di seluruh puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar dan pelayanan rujukan bagi anak dengan keadaan khusus yang akan dilayani di RSUD Sanjiwani Gianyar dan RSU Payangan,” ujarnya.

Untuk hari ini sasaran vaksin kita di Kabupaten Gianyar sebanyak 8.148 anak-anak yang tersebar di 47 sekolah dasar. “Demi tercapainya target vaksin, kami berharap peran serta orang tua untuk memberi semangat dan motivasi kepada anak-anak untuk melaksanakan vaksinasi karena umur 6-11 masih memiliki rasa takut. Dengan tercapainya target vaksin, maka kami harpkan mampu meminimalisir penyebaran Covid-19. “Hampir satu minggu tidak ada yang terkonfirmasi positif mudah-mudahan ini clear dan hal baik terus berjalan,” tambah Sekda Wisnu Wijaya.

Terkait capaian vaksin dosis pertama di kabupaten Gianyar telah mencapai 90, 065%, vaksin remaja mencapai 103,129%. “Untuk vaksin remaja kita sudah melampaui karena kemarin kita sasar sekolah-sekolah dimana mungkin dulu anak didik kita ada yang berasal dari luar Gianyar. Dan yang perlu ada peningkatan adalah vaksin lansia, kita dalam proses mengejar target dan sekarang berada pada posisi 68,195% untuk lansia,” pungkasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us