Pemkot Aktifkan Satgas Covid-19 Berbasis Banjar dan Dusun

Pemkot Aktifkan Satgas Covid-19 Berbasis Banjar dan Dusun

Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Kota Denpasar mewajibkan Satgas Covid-19 bergerak cepat merancang program. “Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar merancang berbagai langkah strategis untuk mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” kata Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat memimpin Rapat Terbatas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar di Praja Utama Kantor Walikota Denpasar, Minggu (11/7).

Walikota Jaya Negara menjelaskan, pelaksanaan PPKM Darurat harus dimaksimalkan. Hal ini tentunya memerlukan dukungan yang optimal bagi masyarakat. “Pemkot Denpasar telah merancang berbagai langkah strategis untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PPKM Darurat. Mulai dari pengaktifan kembali Satgas Banjar/Dusun, penyaluran sembako bagi masyarakat Kota Denpasar yang sedang menjalani isolasi mandiri,” ucap Walikota Jaya Negara yang saat itu didampingi Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa serta Pj. Sekda, I Made Toya.

Untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat kelurahan yang bersumber dari APBD Kota Denpasar dan khusus masyarakat desa bersumber dari Alokasi Dana Desa serta menggencarkan pelaksanaan donor konvalesen. “Jadi beberapa langkah diatas kami rancang untuk segera direalisasikan, sehingga besar harapan kami pandemi ini dapat diatasi dengan maksimal,” ujarnya

Secara teknis sudah dikaji oleh BPKAD dan Inspektorat Kota Denpasar sehngga langkah ini sesuai dengan aturan dan dasar hukum yang ada. “Kalau untuk sembako bagi maysarakat yang isolasi mandiri silahkan Perbekel/Lurah mengajukan ke Dinas Sosial, kalau BLT kami rancang untuk Kelurahan menggunakan APBD Kota Denpasar dan untuk Desa menggunakan Alokasi Dana Desa. Dan yang penting juga pengaktifan kembali Satgas Banjar/Dusun untuk mendukung suksesnya PPKM Darurat serta menekan mobilitas masyarakat,” imbuhnya

Walikota Jaya Negara juga mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar untuk mengoptimalisasi peran Bapak Angkat di Desa/Kelurahan. Hal ini utamanya dalam mendukung pergerakan perekonomian masyarakat di masa pandemi saat ini. “Astungkara bisa berjalan, kami mengajak seluruh instansi untuk mengoptimalisasi peran Bapak Angkat di Desa/Kelurahan dalam membantu perekonomian dengan berbelanja pada sektor UKM di masing Desa/Kelurahan, termasuk percepatan vaksinasi kepada masyarakat, semoga pandemi ini segera melandai dan dapat teratasi,” pungkasnya. (BTN/bud).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us