Pengelola DTW di Buleleng Dilatih Mitigasi Bencana

Pengelola DTW di Buleleng Dilatih Mitigasi Bencana

Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada setiap pengunjung, termasuk pula aman bagi petugas dan DTW yang dikelola. Pengelola DTW, tak hanya mampu memberikan pelayanan yang nyaman, tetapi dituntut sigap dalam menciptyakan rasa aman. Karena itu, pengelola DTW di Kabupaten Buleleng mengikuti Pelatihan Mitigasi Bencana di Destinasi Wisata Kabupaten Buleleng Tahun 2021 bertempat di Banyualit Spa and Resort, Senin (6/12). Acara pelatihan menerapan Protokol Kesehatan (prokes) ketat, dimana seluruh peserta melakukan swab antigen sebelum acara dimulai.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari itu, (6 – 7 Desember) menghadirkan Plt Sekretaris Dinas Pariwisata (Sekdispar) Kabupaten Buleleng I Gede Sasnita Ariawan, Plt Kabid Destinasi Dispar Buleleng Putu Aristya Wibawa, Kabid Pemasaran Agus Widya Suputra, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, dan dari Tim Undiksha. Pelatihan mitigasi bencana di destinasi wisata memiliki tujuan agar pengelola mempunyai sumber daya yang tanggap terhadap bencana sehingga mampu meminimalisasi korban.

Para pengelola DTW diberikan bekal mendasar yang sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam memberikan tindakan yang efektif ketika terjadi bencana ataupun keadaan/kondisi darurat di daya tarik wisata. Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan memiliki bekal mendasar kebijakan manajemen penanggulangan bencana. Pelatihan ini penting agar memiliki wawasan perihal ragam dan jenis potensi bencana di kawasan pariwisata, memiliki kemampuan dalam manajemen tanggap bencana untuk area wisata..

Materi pelatihan disampaikan oleh beberapa narasumber, dengan pengetahuan, diantaranya Manajemen Resiko dan Bencana untuk Pariwisata, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Akibat Bencana di Kabupaten/Kota Lokasi Pelatihan, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Akibat Bencana di Kabupaten/Kota Lokasi Pelatihan, Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Berkualitas di Destinasi Pariwisata, Evaluasi Penyelenggaraan Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Krisis Kepariwisataan Berkualitas di Destinasi Pariwisata. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us