Penghijauan di Kawasan Pura Pasar Agung

Penghijauan di Kawasan Pura Pasar Agung

Gerakan menghijaukan kawasan Pura Pasar Agung, Desa Adat Batur, Bangli dilakukan oleh Forum Alumni Green Circle Gitakita. Sebanyak 373 batang pohon berbagai jenis ditanam di kawasan yang terletak di pertengahan Gunung Batur itu. “Beberapa waktu lalu, orang-orang yang pernah berproses di Green Circle Gitakita berniat kembali menghimpun diri, lalu sepakat membangun forum alumni. Arahnya kemudian kembali melakukan gerakan penanaman pohon di Pura Pasar Agung Batur,” kata Koordinator, I Nyoman Diana disela-sela acara tersebut beberapa waktu lalu.

Dari 373 barang pohon yang ditanam, 350 batang di antaranya adalah pohon ampupu, 13 batang pohon beringin, 10 batang pohon cempaka, dan beberapa batang pohon jepun. Jenis pohon tersebut dipilih lantaran telah teruji memiliki daya tahan hidup di lingkungan sekitar yang berpasir dan berbatu. “Penanaman kali ini melibatkan 82 orang, disokong dari beberapa organisasi dan komunitas, yaitu Peradah Bangli, Lingkar Rimba Batur, Lingkar Studi Batur, juga dari sispala,” kata Diana yang juga Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli.

Selain berlatar historis, Forum Alumni Green Circle Gitakita memilih kawasan Pasar Agung sebagai lokasi penanaman karena kawasan itu masih minim pohon. Dengan upaya penanaman yang konsisten dan terukur, bibit pohon tersebut diharapkan bisa tumbuh dan menambah kerindangan kawasan, terlebih kawasan itu adalah kawasan suci. “Kebetulan 11 tahun lalu gerakan kami juga dimulai di sini, dan astungkara sudah menampakkan hasil,” uajranya.

Perwakilan Pembina Alumni Green Circle Gitakita, Dewa Made Oka, menambahkan gerakan yang dilaksanakan adalah bentuk kepedulian kalangan muda terhadap lingkungan hidup. Pihaknya pun mengapresiasi partisipasi sejumlah komunitas pemuda dalam gerakan tersebut. “Kegiatan ini didukung oleh banyak komunitas, harapan kita ke depan bisa selalu saling dukung untuk lingkungan dan sosial,” ucapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us