Pengundian Los Pasar Rakyat Gianyar

Pengundian Los Pasar Rakyat Gianyar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar melaksanakan pengundian Los Pasar Rakyat Gianyar. Pengundian los untuk pedagang dihadiri Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Luh Gede Eka Suary, di Pasar Rakyat Gianyar, Kamis (6/1). Pedagang yang direlokasi ke pasar baru tersebut merupakan pedagang lama yang sudah terdata untuk mengikuti rangkaian pengundian los. Disperindag melakukan pengundian dengan menerapkan protocol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kepala Disperindag Luh Gede Eka Suary mengatakan, teknis pengundian terlebih dahulu mengundang pedagang yang sudah terdata dan sudah terverifikasi pada saat perpindahan (pedagang existing), setelah mendapat undangan mereka datang dengan membawa surat undangan dan melakukan proses registrasi serta langsung mengambil undian. “Kita undang pedagang lama yang nama-namanya terverifikasi pada saat perpindahan, kemudian melaksanakan registrasi dengan membawa surat undangan dan langsung mengambil no undian,” katanya.

Ada 1.589 los Pasar Rakyat Gianyar diundi selama 3 hari, mulai dari 6- 9 Januari 2022. Pengundian los dibagi menjadi 4 pos/tempat berdasarkan jenis dagangannya dan lantai, agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk sementara, selama 6 bulan ini, Pasar Rakyat Gianyar akan digratiskan. Ke depannya akan dilaksanakan subsidi silang berupa retribusi atau sewa dengan payung hukum yang ada berupa Perda Retribusi. “Sekarang karena kesepakatan, selama 6 bulan perpindahan ini retribusinya akan digratiskan, dan setelah 6 bulan baru akan diproses. Memang sudah dipersiapkan mulai dari sekarang serta dengan payung hukum Perda Retribusi yang sudah ada,” bebernya Luh Gede Eka Suary.

Salah seorang pedagang sayuran Wayan Mas yang memperoleh los di Pasar Rakyat Gianyar mengatakan, dirinya ragu apakah bisa membayar sewa/retribusi karena kondisi ekonomi yang lesu di tengah pandemi Covid-19. Namun, mendengar bahwa retribusi pasar akan digratiskan selama 6 bulan, dirinya sangat berterimakasih kepada pemerintah serta merasa sangat terbantu serta dapat meringankan beban dirinya. “Mendengar sementara akan digratiskan, saya selaku pedagang kecil sangat berterimakasih kepada pemerintah, karena pedagang masih dikasih dispensasi untuk tidak membayar uang sewa/retribusi selama 6 bulan,” ujarnya.

Melihat kebersihan Pasar Rakyat Gianyar sekarang, dirinya berharap ke depannya kepada teman-teman pedagang bisa menjaga kebersihan agar kesan Pasar Rakyat Gianyar tetap bersih dan nyaman dan jauh dari kesan kotor dan kumuh. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us