Peresmian Kantor Konsulat Pemerintah Korea di Denpasar

Peresmian Kantor Konsulat Pemerintah Korea di Denpasar

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menghadiri peresmian Kantor Konsulat Pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang dibuka langsung Gubernur Bali, Wayan Koster pada Jumat (26/11). “Dibukanya kantor konsulat ini, kami berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih banyak dan juga dengan adanya kantor konsulat ini dapat memberi dampak positif kepada kunjungan masyarakat Korea Selatan ke Bali,” ujar Sekda Alit Wiradana saat membacakan sambutan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara.

Peresmian kantor Konsulat General Korea diharapkan memberikan dampak positif dimana dengan adanya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Korea Selatan membuka peluang bagi kota-kota kedua negara untuk menjalin hubungan kerja sama yang bertujuan peningkatan pelayanan publik serta kesejahteraan masyarakat.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-Sung didampingi Konsul General Korea Selatan, Moon Young Ju mengatakan, pembukaan konsulat baru ini menyusul meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan Korsel ke Bali, dalam beberapa tahun terakhir. Konsulat Republik Korea di Bali menjadi Konsulat Republik Korea pertama di luar Jakarta di Republik Indonesia.
Hubungan diplomatik antara Republik Korea dan Republik Indonesia terjalin sejak tahun 1973 sehingga pada tahun 2021 menginjak usia ke 48 tahun. Hubungan tingkat konsulat khususnya telah dimulai pada tahun 1966.

Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang digemari oleh masyarakat Republik Korea. Berdasarkan catatan tahun 2018, sebanyak 350.000 lebih wisatawan asal Korea berkunjung ke Indonesia dan sekitar 200.000 orang di antaranya telah berwisata ke Bali. Sebelum pandemi dan ditutupnya International Borders di Bali pada tahun 2020, tercatat ada sekitar 40.000 warga Korea berkunjung ke Bali.

Konsulat Republik Korea di Bali ini merupakan upaya konkrit untuk memberikan pelayanan konsuler yang lebih optimal khususnya kepada para warga Korea di Bali dan mempererat hubungan persahabatan antara kedua negara. “Harapan kami adalah Konsulat Republik Korea di Bali dapat menjadi wadah yang menghubungkan kedua masyarakat melalui berbagai kegiatan pertukaran seni, budaya dan penguatan kerja sama ekonomi serta kekonsuleran,” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us