Peringatan Bulan Bahasa Bali di Gianyar

Peringatan Bulan Bahasa Bali di Gianyar

Bulan Bahasa Bali Kabupaten Gianyar Tahun 2021 mengambil tema “Wana Kerthi- Sabdaning Tahu Mahottama” digelar di Balai Budaya Gianyar, Senin (8/2). Kegiatan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan, Ir. I Gusti Agung Sri Widyawati, M.Si. Kegiatan yang diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19, maka jadwal kegiatannya telah disusun sebelumnya direvisi dan disederhanakan tanpa mengurangi esensi kelestarian budaya Bali.

Kadisbud Sri Widyawati mengatakan, acara Bulan Bahasa Bali ini bertujuan untuk melestarikan dan meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. “Karena jaman sekarang ini banyak masyarakat mulai abai dan melupakan Bahasa, Sastra dan Aksara Bali,” ucapnya.

Bulan Bahasa Bali yang III menyajikan berbagai lomba, diantaranya Nyatua Bali yang diikuti krama istri (bu-ibu PKK, Bali Grafi yaitu lomba menggambar huruf/aksara Bali (Anak SMA/SMK), Nyurat aksara Bali (anak-anak tingkat SD), Mengetik Aksara Bali di komputer (Siswa tingkat SMP), Ngewacen Aksara Bali (Anak usia Daha-Teruna/remaja dan Lomba Pidato untuk Bendesa Adat. “Untuk lomba Debat Bahasa Bali kami menunjuk langsung perwakilan SMA 1 Gianyar untuk mewakili Kabupaten Gianyar pada lomba tingkat Provinsi,” ujarnya.

Setiap peserta lomba di tingkat kabupaten ini merupakan perwakilan juara dari setiap kecamatan yang sebelumnya sudah diseleksi di tingkat desa dan kecamatan pada minggu pertama bulan Februari. Perlombaan ini dilaksanakan dalam waktu 3 hari dari tanggal 8-9 Februari 2021 serta untuk dewan juri dari lomba merupakan Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Gianyar dan unsur Dari Widya Sabha. Juara Lomba Bulan Bahasa Bali Kabupaten Gianyar akan menjadi Duta Kabupaten Gianyar untuk mengikuti lomba Bulan Bahasa Bali Tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Pebruari 2021.

Salah seorang peserta lomba, I Putu Adi Purna Wirawan seorang siswa dari SMK PGRI 1 Gianyar yang mengikuti lomba Bali Grafi mengatakan belum begitu siap dalam mengikuti lomba karena waktu yang singkat dan baru pertama kali mengikuti lomba tersebut. Putu juga berharap kedepannya dia bisa meningkatkan skill menggambarnya dan bisa memahami apa Bali Grafi tersebut. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us