Pesona Pantai Pasut

Pesona Pantai Pasut

Biasa ke Pantai Kuta, Pandawa, Tanjung Benoa atau Canggu? Sekali waktu cobalah berwisata ke Pantai Pasut yang terletak di Desa Tibubiyu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Lokasinya, sekitar 14 Km dari pusat Kota Tabanan, dan sekitar 32 Km dari Denpasar melalui jalan searah ke Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot. Jika berwisata ke pantai berpasir hitam halus itu, tak akan pernah membosankan, sebab selama perjalanan selalu saja ada hal menarik sebagai bumbu perjalanan. Lewat desa yang masih asri itu, ada sawah-sawah hijau dengan aktivitas petani, kegiatan seni dan budaya yang sudah menjadi bagian dari kehidupan penduduk setempat.

Pantai Pasut menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda, sehingga dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih menarik. Walau demikian, pantai ini hanya populer di kalangan warga local. Artinya, belum banyak agen perjalanan wisata yang menjadikan sebagai tujuan tour wajib di Pulau Dewata. Tetapi, jangan ditanya kalau masyarakat local, yang sering menjadikan pantai ini sebagai tempat berendam dan mandi. Anak-anak setingkat SD dan SMP, sering memanfaatkan pasir pantai yang halus untuk membuat patung pasir. Ketika ada aktivitas kenaikan kelas, anak-anak diajak oleh para gurunya untuk membuat patung pasir di pantai ini.

Akvitas seni itulah menjadikan pantai ini unik dengan suasana tenang dan damai, sehingga cocok bagi mereka yang butuh refresh ke tempat-tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota. Pantai Pasut, wilayah peisisrnya landai, air laut berwarna biru karena merupakan laut lepas (Samudra Hindia). Jika datang pada sore hari, pengunjung akan dapat menyaksikan indahnya “sunset” matahari tenggelam ke dalam laut. “Dulu, sebelum pandemic, ada saja wisatawan yang menyaksikan sunset di pantai ini. Mereka duduk-duduk di pantai sambil menungu sunset,” kat seorang pedagang yang tak mau menyebutkan namanya itu.

Pantai Pasut memang pas untuk bersantai. Kalau pada hari libur, anak-anak dari desa sekitar memanfaatkan pantai ini sebagai tempat untuk bermain bola. Sering pula ada anak-anak yang naik sepeda, bahkan mengendarai sepeda motor menyusuri bibir pantai. Berbeda halnya dengan orang-orang yang menekuni spiritual yang sering menfaatkan pada pantai di sebelah Barat dengan kesucian dan aura Pura Segara. Pada hari tertentu, pengunjung akan bisa menyaksikan warga lokal yang melakukan upacara keagamaan. “Belakangan, banyak warga yang berolahraga untuk meningkatkan imun mereka,” imbuh wanita itu ramah.

Kilau pasir hitam diterpa sinar matahari dising hari, terlihat sangat indah. Di tepi pantai berjejer perahu nelayan yang rapi menjadi pelengkap pesona objek wisata di wilayah Tabanan itu. Para pasangan pengantin juga sering memanfaatkan pemandangan laut dan jukung itu sebagai tempat foto prewedding. Karena memang indan dan damai, maka di wilayah pantai ini juga ada villa, hotel dan penginapan yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menginap dan merasakan suasana alam tenang dan damai di malam hari. “Ada juga warga yang joging atau sekedar jalan-jalan di tepi pantai. Mereka ingin merasakan segarnya angin laut dan udara yang jauh dari polusi,” ucap pria yang sedang berbelanja di warung itu. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us