Piodalan di Pura Petasikan Desa Tegal Harum

Piodalan di Pura Petasikan Desa Tegal Harum

Bertepatan Purnama Kapat Wuku Dukut warga Dusun Tegal Sari Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat melaksanakan Piodalan di Pura Petasikan Dusun Tegal Sari Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat Senin (10/10). Dalam pelaksanaan Piodalan ini hadir Wakil Walikota (Wawali) Kadek Agus Arya Wibawa sekaligus mengaturkan dana punia. Dengan berlangsungnya proses piodalan ini, diharapkan semua warga Desa Tegal Harum diberikan keselamatan dan kerahayuan.

Kelian Pura Petasikan I Gusti Agung Widja mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota pada pelaksanaan piodalan di Pura Petasikan Dusun Tegal Sari. Piodalan berlangsung setiap satu tahun sekali pada Purnama Kapat. Pura Petasikan dulunya merupakan Pura Ulun Carik atau linggih Ida Bethara Sri. Namun, karena tidak ada yang mengempon sehingga warga yang tinggal di Dusun Tegal Sari dicakup menjadi satu sehingga menjadi Pura Petasikan. Jadi selain Linggih Ida Bethara Sri juga berstana Sesuunan Pura Segara, Pura Dalem Ped, dan Ratu Niang Sakti. “Tapi palinggih yang paling utama adalah Ida Bethara Sri,” ucap Widja.

Pura ini diempon oleh 90 KK Dusun Tegal Sari, dimana semuanya merupakan warga pendatang. Sehingga setiap piodalan dananya bersumber dari swadaya pengempon dan dana desa. Untuk pelaksanaan piodalan sekarang telah berlangsung dari tiga hari yang lalu, piodalannya hari ini dan upacara penyineban berlangsung besok. Untuk tingkatan upacara menggunakan upakara Panca Sanak, Pregembal dan dipuput oleh Ida Pedande Istri Ngurah Griya Gede Klungkung. Dengan telaksananya piodalan ini ia berharap semua warga diberikan kerahayuan. Karena semua warga Desa Tegal Harum dan Desa Tegal Kertha kesini untuk melaksanakan persembahyangan. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us