PKK Gianyar “Berbakti dan Berbagi” di Hari Kartini

PKK Gianyar “Berbakti dan Berbagi”  di Hari Kartini

Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menggelar aksi sosial berbakti dan berbagi di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin, (25/4). Aksi sosial serangkaian memperingati Hari Kartini 2022, diisi dengan penyerahan bantuan beras bagi kader PKK dari sembilan desa se-Kecamatan Blahbatuh serta bantuan paket sembako kepada kader Posyandu dari Desa Blahbatuh dan Desa Saba.

Selain itu, juga diserahkan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pengurus BPD Desa Buruan, Kader Posyandu Desa Keliki, Kader Posyandu Desa Buahan dan Kader Posyandu Desa Pupuan, serta penyerahan santunan kematian dan beasiswa pendidikan bagi keluarga almarhum I Wayan Muliawan (perangkat Desa Pering). “Ada tiga program penting TP PKK yang tak dapat dipisahkan, yakni aksi sosial, sosialisasi serta melakukan pemberdayaan,” kata Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Kalau ketiga program tersebut diterjemahkan, banyak sekali sebetulnya. Ini salah satu yang dilakukan saat ini, aksi sosial dengan memberikan bantuan beras. Sebanyak 1 ton beras telah diberikan TP PKK Provinsi Bali untuk didistribusikan kepada kader PKK di Kabupaten Gianyar. Untuk di Gianyar sendiri, bantuan beras tersebut didistribusikan kepada 50 kader PKK Kecamatan Payangan dan 50 Kader PKK Kecamatan Blahbatuh masing-masing 10 Kg.

Bantuan berupa beras diberikan karena di PKK sudah ada program “AKU HATINYA PKK” (Amalkan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman). Sehingga di masing-masing rumah tangga sudah memiliki tanaman yang bermanfaat untuk dikonsumsi. Seperti sayur mayur, bumbu maupun toga serta bunga untuk kegiatan upacara. “Dengan begitu kita dapat mengurangi pengeluaran ekonomi keluarga. Itu sebetulnya tujuan program AKU HATINYA PKK,” ungkapnya.

Desa-desa yang lain agar diharapkan mengikuti jejak tiga desa yang sudah mengikutsertakan kader Posyandu pada BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga kedepannya semua kader Posyandu di Kabupaten Gianyar dapat terlindungi ketika melaksanakan tugas-tugasnya. Karena Kader Posyandu mempunyai peranan penting dalam pelayanan dasar di masyarakat. “Mudah-mudahan yang lain nanti bisa mengikuti. Asal anggarannya cukup, karena situasi saat ini. Kita serahkan semua pada pihak desa. Apapun itu, kita tetap akan mendukung,” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us