Pompa Hidram untuk Meningkatkan Produktivitas Petani Tanguntiti

Pompa Hidram untuk Meningkatkan Produktivitas Petani Tanguntiti

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX Udayana atas dibangunnya pompa hidram ini di Desa Tanguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabuapten Tabanan. Hal ini merupakan sesuatu yang dinanti-natikan sejak lama oleh masyarakat sekitar, khususnya untuk pengairan pertanian. “Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terutama kepada Pangdam IX/Udayana dan Gubernur Bali serta semua pihak terkait lainnya,” kata Bupati Sanjaya usai pesermian pembangunan pompa hidram di Desa Tanguntiti oleh Gubernur Bali I Wayan Koster ditandai dengan pemotongan pita, Kamis, (7/10).

Pertanian adalah sektor penting pendukung perekonomian di Kabupaten Tabanan. Mayoritas masyarakat Tabanan menggantungkan mata pencaharian di sektor pertanian. Apalagi di masa pandemi ini, pertanian tetap bertahan dan memberikan kontribusi yang besar bagi Kabupaten Tabanan. “Saya berharap adanya pommpa hidram dengan kapasitas air 72 liter per detik ini, diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian di Desa Tanguntiti, bahkan mampu dimanfaatkan dengan baik sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pembangunan pompa hidran ini dalam rangka pengembangan fasilitas air di wilayah yang susah mendapatkan air. Pembangunan ini dilakukan oleh Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan. Pompa dengan kapasitas air 72 liter per detik itu sengaja dipilihnya di Desa Tanguntiti sebagai tempat untuk membangun Pompa Hidram pogram dari Kodam IX/Udayana wilayah Bali Nusra karena merupakan wilayah yang masih susah mendapatkan sumber air di Kabupaten Tabanan. “Dibangunnya pompa hydrant ini kedepannya mampu dimanfaatkan dengan baik dan diharapkan bisa digunakan untuk sumber air bersih ataupun sumber pengairan untuk pertanian di Desa Tanguntiti,” kata Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., dalam sambutannya.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayanan dan seluruh jajaran karena telah membangun pompa hidram di Bali terutama di Kabupaten Tabanan. Ia mengatakan dengan adanya pompa hydrant ini pasti akan berdampak positif bagi masyarakat Desa Tanguntiti khusunya dalam sektor pertanian dan merupakan sesuatu yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan air di Desa Tanguntiti.

Selaku Gubernur Bali, Ia mengakui sangat mendukung program ini, mengingat sumber air sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Ini menjadi program yang sangat berguna bagi kita semua untuk menyelesaikan masalah. Ini namanya Negara hadir untuk Rakyat yang nyata memecahkan masalah air yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, terutama di Desa Tanguntiti,” ujar Gubernur Koster. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us