Prasasti di Pura Kahyangan Bale Agung Desa Adat Mongan Diresmikan

Prasasti di Pura Kahyangan Bale Agung Desa Adat Mongan Diresmikan

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri undangan Karya Ngenteg Linggih, Memungkah, Ngusaba Desa, Mepedudusan Wraspatikalpa yang diselenggarakan masyarakat Desa Adat Mongan, Penebel, bertepatan dengan Purnamaning Kasa, rahina Wraspati Umanis Matal di Pura Kahyangan Bale Agung Desa Adat Mongan, Kamis, (24/6). Pada kesempatan itu, Bupati Sanjaya menandatangani prasasti Karya Ngenteg Linggih, Memungkah, Ngusaba Desa, Mepedudusan Wraspatikalpa Pura setempat.

Ucap syukur serta apresiasi diberikan Bupati Sanjaya saat itu atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Adat Mongan. Dalam pengerjaan sampai kegiatan karya saat ini telah memakan waktu selama 3 bulan serta menghabiskan dana sekitar 500 juta yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Tabanan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali serta urunan masyarakat, sesuai keterangan Ketua Panitia Karya I Nyoman Arta Sanjaya.

Orang nomer satu di Tabanan itu juga menegaskan bahwa suksesnya pembangunan mencerminkan masyarakat yang bersatu dan kompak, baik dengan sesama masyarakat, tokoh masyarakat dan juga dengan pemerintah. Untuk itu, Ia meminta dengan hormat kepada masyarakat agar meningkatkan rasa persatuan dan kekompakan tersebut. “Saya minta kepada Bendesa Adat, Perbekel, Camat dan pihak terkait agar tetap menjaga dan meningkatkan kekompakan ini. Hubungan di Pemerintah Kabupaten, di Kecamatan, di Desa dan di masyarakat tetap dijaga. Karena tanpa sinergi dan kerjasama kita yang kolektif, sudah tentu tidak akan mampu mewujudkan pembangunan apapaun,” tegasnya.

Tidak lupa juga saat itu Ia mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya khususnya kepada masyarakat Desa Adat Mongan atas dukungannya selama ini kepada Pemerintah. Karena menurutnya juga, program-program pembangunan yang direncanakan pemerintah tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. “Pemerintah akan selalu mendukung kegiatan masyarakat yang positif untuk mewujudkan pembangunan. Mari kita selalu tingkatkan persatuan dan kekompakan yang dilandasi dengan semangat gotong-royong guna mewujudkan visi kita bersama, yakni menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” imbuh Sanjaya.

Sebelumnya Orang nomer satu di Tabanan itu melakukan persembahyangan di Padmasana Kantor Bupati dan RJ Bupati, kemudian dilanjutkan melakukan persembahyangan di Pura Dalem Desa Adat Kota Tabanan, serta dilanjutkan menghadiri undangan Upacara Pemelaspasan Pelinggih Khayangan Luhur Taman Klecung di Khayangan Luhur Taman Klecung, Br. Klecung Kelod, Tegal Mengkeb, Selemadeg Timur. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us