Promosi Pariwisata Klungkung Lewat Lagu

Promosi Pariwisata  Klungkung Lewat Lagu

Klungkung sesungguh sangat kaya dengan objek wisata. Kabupaten terletak di Bali timur itu, bahkan memiliki Daya Tarik Wisata (DTW) unik yang tidak dapat ditemukan didaerah lain di Bali, bahkan luar di Nusantara. Hanya saja, potensi wisata itu belum dikenal oleh masyarakat luas, sehingga perlu dipromosikan secara konsisten.

“Launching Mini Album Kompilasi bertajuk “Tusing Nyerah Salam Satu Hobby” sebagai cara untuk mempromosikan DTW yang ada di Klungkung. Bapak Bupati telah mendukung, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” kata Manager, Andayani disela-sela launching mini album kompilasi di Dapur Alam Restaurant Sanur, Minggu (20/12)

Album kali pertaman itu didukung oleh lima artis putra daerah Klungkung, yaitu De Surya (Tusing Nyerah dan Metunangan), TiaTiana (De Kelain Hati dan Panah Semara), Mang Cak (Salam Satu Hobby), Nilam Cahya (Dumogi Jodoh Tiang) dan Yan Dawan (Jatuh Tresna). Mereka merupakan anak-anak muda yang mempunyai bakat seni, khususnya dibidang tarik suara yang sepakat menghimpun diri lalu mewujudkan dalam bentuk album kompilasi. “Tujuannya untuk memupuk para seniman muda Klungkung untuk berkreativitas di masa pendemi ini. Kami sedari awal memiliki komitmen untuk membangkitkan potensi yang ada di daerah serombotan ini,” tegasnya.

Budaya unik yang ada di Kabupaten Klungkung diangkat lewat video clip ataupun diceritakan lewat lagu. Bahkan lebih banyak menonjolkan objek- objek wisata, sehingga masyarakat luas mengetahui kalau Klungkung memiliki potensi wisata yang bagus, dan tak kalah dengan daerah lain. Salah satunya Kamasan Lukisan, Kerta Gosa dan lainnya. “Saya juga ingin membangkitkan kreativitras anak-anak muda dimasa pandemic sehingga mengakat kegiatan positif. Mereka kebanyakan masih sekolah. Sebut saja Tia Tiana masih kelas II SMA. Nah, dari pada diam saja maka kami rangkul untuk membuat album. Kebetulan hobi mereka sama yaitu menyanyi,” tegasnya.

Album itu akan diperkenalkan lagu di radio-radio, sehingga lebih dikenal dan bisa menghibur masyarakat secara lebih luas. Mereka juga publis di canel sendiri. Masing-masing artis juga memperkenalkan lewat channel you tube, sehingga masyarakat tak hanya mendengar lewat radio tetapi bisa menyaksikan di online lewat hand pone. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Klungkung yang merespon kegiatan ini dengan sangat positif, bahkan mengimbau kami untuk menghimpun generasi muda sebagai ajang berkreativis,” ungkapnya.

Salah satu penyanyi yang juga ketua panitia, De Surya mengatakan, tema yang diangkat dalam mini album ini “Tusing Nyerah” yang artinya, walau dalam kondisi pandemi, kami tetap berkarya sesuai dengan kemampuan. “Energi kita sudah terkuras untuk menghadapi pandemi. Nah untuk mengatasi kejenuhan, kebosanan dan lainnya, maka kita menghibur diri dengan hal- hal positif, seperti launching album ini. Semua lagu diproduksi di tahun ini, sehingga sangat baru,” ucapnya.

Lagu ini akan dibuat dalam bentuk CD sebagai bukti dokumentasi sebagai artis. “CD itu nantinya akan diserahkan kepada Pramusti Bali, kepada Bapak Bupati Klungkung yang berkomitmen mendukung apa yang kami lakukan,” tutupnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us