Pujawali di Pura Segara Gilimanuk

Pujawali di Pura Segara Gilimanuk

Pura Segara yang berlokasi di Desa Adat Gilimanuk melaksanakan Pujawali Ida Bethara Sungsungan setiap 1(satu) tahun sekali, tepatnya saat purnama Sasih Jyesta Senin, 26 April 2021. Pelaksanaan pujawali dihadiri langsung

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri Pujawali di Pura Segara yang berlokasi di Desa Adat Gilimanuk bertepatan Purnama Sasih Jyesta Senin, (26/4). Pelaksanaan pujawali dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), Bupati Tamba hadir didampingi istri Ny. Candra Tamba, Asisten II Ngurah Sumber Wijaya, Kadis Parbud Nengah Alit serta camat bersama-sama pemedek menghaturkan sembah bhakti kehadapan Ida Hyang Bathara yang berstana di Pura Segara tersebut.

Bupati Tamba berharap, selama prosesi pujawali, agar selalu mematuhi prokes. Pelaksanaan pujawali, juga diharapkannya selalu didasari rasa lascarya. ”Kita doakan kehadapan Ida Hyang sane melinggih (berstana) di pura segara mepaice tuntunan (memberikan petunjuk), sehingga kita semua selalu dalam lindunganNya. Dalam setiap kesempatan terutama dalam prosesi upacara, kami selalu ingatkan krama umat untuk tetap eling (ingat) terutama protokol kesehatan. Ini sangat penting untuk kita semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Tamba memberikan punia (bantuan) sebesar 5 juta rupiah.

Sementara Kertha desa (pendamping Bendesa) Adat Gilimanuk, I Putu Sudiana Yasa mengatakan, Pujawali di pura Segara ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pujawali yang biasa dilaksanakan 2 (dua) sampai 3 (tiga) hari, Sekarang cukup sehari. “Mulai dari tadi pagi (kemarin.red) jam 8 pagi sampai langsung nyineb (puncak upacara) kalo yang sudah – sudah berjalan biasanya sampai 3 (tiga) hari” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us