Pujawali di Pura Uluwatu, 24 Januari 2023. Pamedek Dibatasi, Upacara di Madya Mandala. Ini Pertimbangannya

Pujawali di Pura Uluwatu, 24 Januari 2023. Pamedek Dibatasi, Upacara di Madya Mandala. Ini Pertimbangannya


Ini untuk kelancara serta kebaikan bersama. Hasil Paruman H-9 menyepakati Pujawali Pura Luhur Uluwatu yang jatuh Selasa (24/1) nanti dilaksanakan seperti basa.
Hanya saja karena saat ini masih dilakukan proses pembangunan Meru Tumpang 3 di Utamaning Mandala,untuk tempat pralingga-pralingga atau pratima-pratima yang diiring akan dilinggihkan di Madya Mandala.
Selain itu dalam Pujawali kali ini akan kembali diberlakukan sistem kartu dengan tahapanya akan dibatasi.
Hal itu diungkapkan Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta dihubungi Rabu (18/1).
Sumerta memaparkan, untuk mengantisipasi membludaknya pemedek saat Pujawali nanti, paletan pemedek yang melakukan persemnahyangan akan dibatasi. Yakni dari sebelumnya sebanyak 350 orang sekali masuk,menjadi 250 orang. “Ini akan dilaksanakan di pesambyangan di bawah. Termasuk juga di madya mandala,” ucapnya.
Selain itu, seperti Pujawali sebelumnya, kali ini pamedek juga diharapkan tidak membawa kantong plastik sebagai tempat membawa sarana upacara. Termasuk menyiakan tempat untuk nunas.
Untuk rangkaian sebelum pujawali lanjut dia, pada tanggal 22 akan dilaksanakan mesolah
Ida Ratu Ayu dari Jimbaran di Pura Uluwatu.
Terkait prosesi ini, Krama Pecatu ikut nyanggra mendoakan prosesi yang dilaksanakan krama Desa Adat Jimbaran dalam ngiring pelawatan ratu ayu, lunga ke Pura Parerepan dan Pura Uluwatu.
“Kami mengimbau kepada pengguna jalan, baik di jalur menuju Uluwatu, agar memperhatikan hal ini. Karena dipastikan saat itu akan terjadi kekroditan di Jalur yang dilakukan,” harapnya.
Ditanya tentang progres perbaikan meru tumpang tiga yang disambar and Petir, Bendesa yang juga anggota DPRD Badung tersebut mengungkapkN kalau tanggal 13 lalu, sudah dicarikan dewasa untuk mencari kayu Beti. Dimana kayu ini untuk bahan di dalam meru atau sebagai penunjang. Selanjutnya dilakukan pembuatan gedong.
“Saat ini progres perbaikan Meru sudah mencapai 70 persen,” bebernya sembari menambahkan target selesai pembangunan Meru tersebut Selama 3 bulan.(BTN/Denpost/113)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us