Pura Beji Pasekan Perlu Dibuatkan Tanggul

Pura Beji Pasekan Perlu Dibuatkan Tanggul

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau area Pura Beji Pasekan Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Jumat (18/12). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka upaya normalisasi dan pembangunan tanggul guna mencegah abrasi akibat arus sungai Unda yang mengikis area pura tersebut. Turut hadir Kabid SDA PUPR PKP, Komang Gede Darma Susila, Ketua Pokdarwis Desa Akah, Ketut Sukadana serta sejumlah aparat desa.

Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta yang juga selaku tokoh Desa Akah mengatakan, beberarapa tahun belakangan arus sungai kali Unda memang bergeser kesisi barat mendekati area Pura Beji Pasekan. Hal ini mengakibatkan area Pura dan jalan aksesnya sangat rawan hantaman arus sungai kali unda.

Lebih lanjut Wabup kasta menjelaskan, saat arus sungai meninggi akibat hujan, jalan akses dan area yang berada di sisi timur pura selalu tergerus aliran sungai dan menimbulkan kerusakan. Apalagi ketika terjadi hujan lebat dihulu sungai, air bahkan bisa mencapai tembok penyengker pura setinggi kurang lebih 1,5 meter. Hal ini diketahui karena terdapat sisa sisa lumpur yang tertinggal diatas tembok pura. Untuk mengantisipasi hal hal buruk, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas PUPRPKP untuk dibantu dalam melakukan normalisasi aliran sungai, selain sudah bersurat ke Balai Wilayah Sungai.

“Pihak pemerintah Desa Akah sudah bersurat ke Balai Wilayah Sungai supaya bisa dibantu dalam normalisasi aliran sungai, namun kita juga berkoordinasi dengan Dinas PUPRPKP supaya secepatnya dibantu. Karena jika hal ini tidak segera dilakukan maka akan bisa mengancam keberadaan bangunan Pura Beji Pasekan Desa Akah dan jalan aksesnya. Semoga akan segara ada tindak lanjut dari pihak terkait,” ujar Wabup Kasta.

Sementara itu Kabid SDA PUPR PKP, Komang Gede Darma Susila mengatakan akan berkoordinasi dengan BWS dalam menindaklanjuti kegiatan ini. Untuk jangka pendek pihaknya akan melakukan normalisasi aliran sungai terlebih dahulu, sedangkan untuk jangka panjang rencananya akan dibangun tanggul sungai.

Dalam kegiatan ini, Wabup Made Kasta bersama Kelompok Sadar Wisata Desa Akah juga melakukan penanaman sejumlah pohon ketapang, yang kedepannya diharapkan akan menjadi peneduh area disekitar Pura Beji yang kerap digunakan sebagai ritual upacara warga desa setempat.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us