“Rahina Tumpek Wariga” Pemkab Badung Gelar Sembahyang Bersama

“Rahina Tumpek Wariga” Pemkab Badung Gelar Sembahyang Bersama

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melaksanakan upacara Wana Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan masyarakat Bali khususnya masyarakat Badung. Upacara dilaksankan bertepatan dengan Rahina Tumpek Wariga atau yang biasa disebut Tumpek Uduh bertempat di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Sabtu (10/12). Upacara dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), I Wayan Adi Arnawa beserta istri untuk melakukan persembahyangan bersama.

Persembahyangan ini juga dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Badung, Forkopimda Badung, Perwakilan PHDI Badung, Perwakilan MDA Badung, beserta para pemedek. Kegiatan upacara tumpek wariga, terkait dalam rangka untuk menjaga hubungan manusia dengan lingkungan. “Hal yang terpenting di fase dua puluh lima (25) hari ke depan, di hari suci Galungan semua tanaman, buah-buahan bisa berbuah, berhasil, dimana agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka kesejahteraan masyarakat,“ ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha mengatakan, pelaksanaan tumpek wariga merupakan sebagian dari pada pemuliaan kepada tumbuh-tumbuhan. “Sebagai salah satu instruksi Gubernur Bali dalam rangka untuk memuliakan tumbuh-tumbuhan, kegiatan ini kita laksanakan di Pura Lingga Bhuwana yang diikuti oleh OPD di lingkungan Pemkab Badung maupun di Desa yang ada di Kabupaten Badung. Untuk itu kita bersama-sama memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi Beliau sebagai Ida Bhatara Sangkara memberikan anugerah atas tumbuh-tumbuhan yang berada di alam ini dapat tumbuh dan memberikan kesejahteraan bagi kita semua,” ucapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us