Rembuk UMKM Bali Utara

Rembuk UMKM Bali Utara

Acara ini tampak santai, namun menghasilkan sebuah strategi untuk membawa produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Global. Kegiatan yang digelar The Kirana Tembok Bali dan Kadin Indonesia ini diisi dengan serasehan UMKM bersama “Locally Art Glabally” dengan menghadirkan Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kadin, Bambang Brodjonegoro dan Praktisi UMKM dan Pemerhati Ketahanan Energi dan Pangan sebagai narasumber. Acara berlangsung di The Kirana Tembok Resort, Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kamis (2/12) itu.

Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng melalui Bidang Industri Pariwisata yang diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata, Putu Suryani, SS. menghadiri undangan “Rembuk UMKM Bali Utara dan Diskusi Lokal UMKM Go Global” tersebut. Rembuk UMKM Bali Utara merupakan kegiatan yang menampilkan potensi, produk, kekayaan karya, dan budaya masyarakat Bali Utara dari segi Pangan Sandang Papan. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Ibu Bupati Buleleng, Koperasi Pangan Bali Utara, PHRI, Asita, lHGMA, ForKom DeWi, BUMDES, HIPMI Singaraja, JCI Singaraja, dan Para pelaku UMKM.

Menariknya, para undangan diajak melihat beberapa pengolahan dan pembuatan produk lokal, pertunjukan budaya, dan keseharian masyarakat bali utara. Diantaranya, pengolahan dan Pembuatan Jajanan (Gula Aren, laklak, lawar Ikan, mengguh) proses penyulingan arak, pewarnaan kain endek menggunakan warna alami, dan mebat (memasak bersama-sama dengan cara tradisional yang merupakan budaya masyarakat Bali). acara dimeriahkan dengan pementasan “Nemu gelang” oleh Tjok Istri Ratna Cora Sudarsana.

Kegiatan diskusi ini yaitu menyadarkan masyarakat Bali utara akan penggunaan bahan bahan alami untuk menjaga keberlangsungan ekologi. Selain itu,juga untuk meningkatkan kualitas produk produk lokal agar bisa memasuki pasar global dan meningkatkan ekonomi masyarakat lokal yang terdampak dari phenonema global yakni pandemi Covid-19. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us