Rp 6 Juta Pertahun, Sewa Pasar Taman Griya Jimbaran

Rp 6 Juta Pertahun,  Sewa Pasar Taman Griya Jimbaran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung bersama Prajuru Banjar Adat Taman Griya, Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan melakukan penandatanganan perjanjian sewa Pasar Taman Griya Jimbaran. Dengan perjanjian sewa ini, Pasar Taman Griya yang merupakan aset Pemkab Badung akan dikelola oleh Banjar Adat Taman Griya. Penandatanganan perjanjian sewa dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa bersama Kelian Banjar Adat Taman Griya I Wayan Warsana, di Puspem Badung, Rabu (29/9).

Penandatanganan perjanjian dan serah terima sewa Pasar Taman Griya ini, sebagai salah satu bentuk keberpihakan Pemkab Badung kepada masyarakat terutamanya krama Banjar Adat Taman Griya. Proses perjanjian sewa telah diawali dengan permohonan dari Banjar Adat Taman Griya untuk pemanfaatan tanah fasos fasum untuk pasar. Permohonan tersebut telah diproses berdasarkan mekanisme dengan persetujuan Bupati Badung dan sudah dilakukan proses appraisal, penilaian ke lapangan.

Dengan perjanjian ini diharapkan dapat mendukung ekonomi kerakyatan di Kabupaten Badung pada umumnya. “Mudah-mudahan fasilitasi ini setidaknya masyarakat Taman Griya dapat memanfaatkan dengan maksimal, sehingga membantu warga terutamanya UMKM dalam rangka meningkatkan pendapatan,” tambahnya.

Karena menyangkut aset pemerintah daerah dan bersifat komersil, harus adanya pembayaran sewa, sehingga dari penilaian appraisal yang semestinya disewa 120 juta petahun, dapat dikurangi menjadi 6 juta per tahun dengan rentang waktu lima tahun.

Kelian Banjar Adat Warsana atas nama krama banjar adat Taman Griya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Badung yang betul-betul berpihak kepada krama adat sehingga terealisasinya perjanjian sewa pasar ini. “Kami sangat berterima kasih kepada pemkab badung terutama Sekda yang telah memfasilitasi sehingga perjanjian ini bisa ditandatangani,” ujarnya.

Kedepan hasil swakelola pasar ini akan dimanfaatkan untuk kegiatan di lingkungan banjar adat seperti kegiatan suka duka, program muda mudi, termasuk menganggarkan pembagian sembako kepada krama pengarep yang berjumlah 127 KK di masa pandemi Covid-19 ini.

Hal senada disampaikan Kaling Taman Griya I Ketut Ari Sudarsana. Pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Badung yang telah membantu, dalam artian memberikan fasilitas pasar Taman Griya telah diserahkan hak kelolanya kepada Banjar Adat Taman Griya.

Acara tersebut juga dihadiri Inspektur Kabupaten Badung Luh Suryanithi yang juga Plt. Kepala BPKAD, dan Kabid Aset BPKAD I Nengah Nurjaya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us