“Rutilahu” di Empat Desa

“Rutilahu” di Empat Desa

Dengan protokol kesehatan yang ketat, Bupati Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dan Kepala OPD terkait mendatangi 4 (empat) desa, yakni Desa Kusamba, Desa Paksebali, Desa Selat dan Desa Aan, guna mengkoordinasikan penyiapan konsep Rutilahu terintegrasi untuk diusulkan ke Kementerian Sosial. Rutilahu adalah program Kementerian Sosial yang bertujuan merehabilitasi rumah-rumah masyarakat kurang mampu agar terciptanya hunian yang layak untuk di tempati. “Walaupun dalam situasi PPKM, namun kita harus tetap bergerak menangkap peluang untuk upaya pemberdayaan masyarakat”, ujar Bupati Suwirta.
Sementara konsep Rutilahu yang akan diusulkan adalah penanganan rumah tidak layak huni namun diintegrasikan dengan upaya penanganan aspek lain seperti pemberdayaan, penataan lingkungan termasuk penyelesaian masalah sampah serta penyediaan fasilitas sosial. Intinya tidak rumah saja yang menjadi fokus, tetapi juga aspek ekonomi dan sosial, serta dengan mencermati potensi dan masalah yang ada di desa.
Lebih lanjut, Bupati Suwirta menugaskan OPD terkait, Perbekel dan Konsultan agar menyelesaikan konsep Rutilahu, untuk segera diajukan ke Kementerian Sosial.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us