Sanfest Ke-15 Berdampak Positif Terhadap Okupansi Hotel di Kota Denpasar

Sanfest Ke-15 Berdampak Positif Terhadap Okupansi Hotel di Kota Denpasar

Perhelatan AstraPay Sanur Village Festival (Sanfest) Ke-15 yang berlangsung selama lima hari telah berakhir pada Minggu (21/8/) malam. Selama lima hari, sekitar 100.000 orang berkunjung ke festival di Pantai Matahari Terbit Sanur yang menyajikan aneka kuliner, hiburan, dan beragam kegiatan sosial, lingkungan, talkshow, seni rupa hingga sport.

Meskipun total penonton sekitar 100.000 atau rata-rata 20.000 orang per hari, namun suasana festival sangat nyaman dan lokasi tetap terjaga bersih. Setiap hari rata-rata terjual 15.000 tiket, belum termasuk warga Sanur yang bebas tiket untuk masuk festival diperkirakan 5.000 orang per hari. “Selama festival kami berupaya menjaga kenyamanan para pengunjung di antaranya dengan mengatur tata letak tenant agar alur massa teratur dengan baik,” kata Ketua Umum Sanfest Ida Bagus Gede Sidharta Putra (Gusde).

Gusde yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Republik Indonesia (PHRI) Kota Denpasar itu berharap, festival ini mampu membangkitkan aktivitas pariwisata yang dua tahun lebih dihantam pandemi Covid-19. Sanfest memberikan dampak positif terhadap okupansi hotel yang naik sekitar 5 persen pada tingkat okupansi hotel di Kota Denpasar, yakni kurang lebih naik lima persen. “Kalau saat ini dilihat kunjungan Australia yang banyak datang, tidak begitu jauh dari Eropa, Norwegia, dan Swedia. Untuk tamu yang berasal dari paling jauh adalah Amerika,” papar Gusde.

Gusde menyebutkan Sanfest yang tahun ini masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf akan ditingkatkan lagi lingkup penyelenggaraannya pada tahun depan. Parade budaya dan lomba jukung yang ditiadakan tahun ini misalnya, rencananya digelar kembali pada Sanfest 2023. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us