Sejumlah Remaja Putus Sekolah Diminta Lanjutkan Pendidikan

Sejumlah Remaja Putus Sekolah Diminta Lanjutkan Pendidikan

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau perbaikan jalan akses menuju Pura Taman dan Tukad Tista di Desa Besan, Kecamatan Dawan Minggu (21/3). Kegiatan yang dilakukan secara gotong royong oleh warga Tempek Taman Dusun Kawan ini merupakan bantuan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dari dana operasionalnya. Dalam kegiatan ini Bupati Suwirta turut didampingi Ny. Ayu Suwirta, Camat Dawan Dewa Gede Widiantara serta Kadis Pariwisata A.A Gede Putra Wedana.

Namun saat berjalan menyapa warga yang tengah bergotong royong, perhatian Bupati Suwirta tertuju pada sosok remaja pria usia sekolah, berambut gondrong dan mengenakan sejumlah anting pada kedua kupingnya. Bupati Suwirta pun memanggil remaja tersebut dan mengajaknya berbincang.

Dalam perbincangan itu terungkap remaja tersebut bernama Nengah Sudarma (16), remaja yang putus sekolah saat duduk di bangku kelas 8 SMP dan berasal dari keluarga kurang mampu. Mendapati kenyataan tersebut Bupati Suwirta pun menasihati Nengah Sudarma untuk kembali melanjutkan sekolah jika situasi sudah normal. Karena jika hanya berbekal ijazah SD, maka tidak akan mampu bersaing didunia kerja apalagi di era seperti sekarang.

Menurutnya hal hal seperti inilah yang akan menyebabkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi rendah rendah dan akan menumbuhkan angka kemiskinan yang baru. Maka untuk mengantisipasi hal itu dirinya langsung memerintahkan perangkat desa untuk mendata warganya yang mengalami putus sekolah.

“Putus sekolah tidak hanya dikarenakan oleh faktor ketidakmampuan pihak keluarga, namun juga akibat pergaulan dan tidak adanya dorongan untuk mengarahkan anak untuk belajar disekolah. Kepada para perangkat desa saya minta supaya secepatnya mendata anak anak kita yang mengalami putus sekolah. Dan selanjutnya memgikutsertakan dalam program belajar kejar paket C, ” ujar Bupati Suwirta.

Kepada Camat Dawan Dewa Gede Widiantara, Bupati Suwirta juga meminta supaya menggencarkan kembali program belajar kejar paket C. Sementara itu Kepala Dusun Kawan Desa Besan Ibu Kadek Sela mengatakan, tercatat ada sebanyak 6 orang yang berstatus putus sekolah di dusunnya. Mereka rata rata berasal dari warga kurang mampu.

Terkait dengan potensi desa, Bupati Suwirta mengakui Desa Besan mempunyai banyak potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi agrowisata. Untuk itu pihaknya meminta untuk didata lebih baik potensi yang ada. Sedangkan untuk urusan pembangunan sarana sarana kecil penunjang destinasi wisata, akan bisa ditangani oleh Pemkab Klungkung. Pihaknya berharap semua potensi bisa digali dan dikembangkan demi peningkatan kesejahteraan warga desa setempat.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us