Sekda Adi Arnawa “Mulang Pakelem” di Pantai Geger

Sekda Adi Arnawa “Mulang Pakelem” di Pantai Geger

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa bersama Ketua DPRD Putu Parwata menghadiri upacara mapekelem Pemahayu Jagat di Pantai Geger, Desa Adat Peminge, Kelurahan Benoa betepatan dengan hari raya Sugihan Jawa dan Tilem Kalima Wuku Sungsang, Kamis (4/11). Upacara dipuput oleh Ida Pedanda Buruan dari Gria Pasraman Manuaba Darmasaba, dan Ida Pedanda Buda Jelantik Santacita dari Griya Tegal Jadi Tabanan.

Pelaksanaan Upacara pakelem pemahayu jagat sebagai penetralisir alam agar kembali seperti semula. “Adanya bencana seperti wabah Covid-19 dan gempa harus segera dilaksanakan upacara pakelem ke Segara memuja Sang Hyang Baruna, agar alam kembali seperti semula. Mudah-mudahan dengan terlaksananya upacara pemahayu jagat ini, tentu alam semesta semakin damai, kehidupan kita semakin tenang, hal yang paling penting kondisi pariwisata kita semakin stabil dan kondusif kedepannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, I Gede Eka Sudarwitha dalam laporannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung hari ini melaksanakan upacara pemahayu jagat disertai upacara pakelem yang dilaksanakan rutin setiap tahun, bertepatan dengan Tilem sasih Kalima. Acara ini bertujuan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa agar wilayah Badung khususnya dan Bali pada umumnya diberikan keselamatan, kerahayuan,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Sekda, Kepala Satpol PP IGAK Suryanegara, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Bendesa Adat Peminge I Made Warsa serta masyarakat setempat. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us