Setelah Dua Bulan Lebih, Akhirnya Ketut Lihadnyana Pamitan

Setelah Dua Bulan Lebih, Akhirnya Ketut Lihadnyana Pamitan

Ada masanya datang, ada masanya pergi. Selama dua bulan lebih kepemimpinan Pjs Bupati Badung Ketut Lihadnyana, tepatnya setelah ditunjuk oleh Mendagri sejak 26 September Tahun 2020 lalu, sudah banyak hal yang dilakukan terkait tata kelola pemerintahan sesuai dengan tugasnya. Berkenaan dengan berakhirnya masa jabatan,

Ketut Lihadnyana memberikan pengarahan kepada Kepala Perangkat Daerah sekaligus berpamitan yang dilaksanakan di Ruang Kriya Gosana di Puspem Badung, Jumat (4/12). Acara dihadiri Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa, Kepala OPD, Camat se-Badung serta diikuti secara virtual oleh pejabat Eselon III dan IV dari instansinya masing-masing.

Pjs. Bupati Lihadnyana mengatakan, dengan berakhirnya tugas selaku Pjs. Bupati Badung, sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri bahwa seorang pejabat sementara Bupati Badung pada tanggal 4 Desember batas akhir untuk dapat melaksanakan tugasnya dalam menjalankan kewenangannya terkait urusan pemerintah dan tata kelola lainya. “Untuk itu pada hari Sabtu (6/12) besok akan dilakukan serah terima jabatan dari Penjabat Sementara kepada Bupati definitif yang sudah berakhir masa cutinya,” katanya.

Terkait dengan tugas yang diberikan oleh Mendagri kepada Penjabat Sementara, menurut Lihadnyana terdapat 5 hal salah satunya memimpin urusan pelaksana pemerintah, menjaga kondisi kondusifitas, memfasilitasi pilkada, penyusunan RAPBD Tahun 2021 dan terakhir memastikan penanganan Covid -19 bisa berjalan secara maksimal. “Tugas-tugas itu bisa berjalan tatkala Sekda Badung bersama OPD di lingkungan Pemkab Badung memberikan dukungan sehingga saya berupaya untuk berbagi pengalaman terkait dengan masalah tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan, menjalankan program kegiatan termasuk penyusunan APBD tahun 2021 yang dijadikan pedoman untuk dijalankan oleh eksekutif yang sudah disahkan,” terangnya.

Adi Arnawa selaku Sekretaris Daerah maupun selaku pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada I Ketut Lihadnyana yang telah melaksanakan tugas selaku Pjs Bupati Badung selama dua bulan lebih. Serah terima jabatan antara Pjs Bupati Badung dengan Bupati definitif akan dilaksanakan hari Sabtu besok (5/12) di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali. “Tanpa mengurangi rasa hormat, selama kepemimpinan Pjs Bupati di Kabupaten Badung hingga saat ini, banyak hal yang dilakukan Bapak Pjs terhadap tata kelola pemerintahan kita di Kabupaten Badung,” ucapnya.

Adi Arnawa juga merasa selama ini melihat ada suatu sinergitas antara Pjs Bupati terhadap seluruh ASN di Kabupaten Badung salah satunya terkait penanganan hibah pariwisata sehingga Badung termasuk salah satu kabupaten yang pertama di Bali melakukan penyaluran hibah kepada wajib pajak dalam hal ini perusahan hotel dan restoran. Terkait tata kelola pemerintahan, menurut pejabat asal Pecatu ini banyak hal yang sudah dilakukan Pjs Bupati termasuk dalam rangka perencanaan penganggaran APBD Tahun 2021. Disamping itu juga dalam penerapan Permendagri No. 90 Tahun 2019 untuk mengarahkan interpretasi yang sedikit berbeda sehingga Pjs Bupati yang meluruskan serta mendapatkan keputusan yang jelas untuk Kabupaten Badung.

Usai pengarahan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Sekda Adi Arnawa kepada Pjs Bupati dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh pimpinan Perangkat Daerah serta Camat se-Kabupaten Badung. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us