SOS Beach Project Bersihkan Pantai Pangkung Tibah

SOS Beach Project Bersihkan Pantai Pangkung Tibah

Pemuda Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan yang bergabung dalam Sunset on Sunday (S.O.S) Beach Project” menggelar kegiatan bersih-bersih di kawasan Pantai Pangkung Tibah, beberapa waktu lalu. Kegiatan membersihkan pantai dari sampah itu merupakan kegiatan awal dari program SOS Beach Project. “Kami memilah sampah karet dan botol kaca untuk dijadikan karya isntalasi,” kata koordinator kegiatan, Oka Astawa.

Sementara sampah plastik dipilah untuk mendukung bank sampah. Sementara sampah kayu diserahkan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk dijadikan kayu bakar. Kegiatan ini dimulai awal Januari 2022, kemudian digelar secara reguler setiap Sabtu dan Minggu sore. Kegiatan ini baru fokus di Pantai Pangkung Tibah. “Semoga, kedepannya program ini akan berkesinambungan dengan melibatkan berbagai komunitas,” harapnya.

Setelah sampah terkumpul banyak, lalu akan dibentuk menjadi karya istalasi tulisan SOS dan patung berbentuk manusia. Saat ini, baru terkumpul 2 karung sampah karet, untuk sampah kayu tetap untuk ibu-ibu pencari kayu bakar, dan sisanya berupa sampah kayu yang kecil-kecil langsung dibakar di lokasi. “Tidak ada sumber pendanaan dari manapun. Project ini bersifat gotong-royong dari anggota dan para pemuda yang ikut terlibat yang memiliki kesadaran bersama akan pentingnya kebersihan ecologi di pesisir pantai,” sebutnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us