Sosialisasi 3M, BKKBN Gerakkan Penyuluh KB dan Kader

by -6 views

Indonesia dan khususnya Bali saat ini terus berperang melawan Covid-19. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam upaya untuk menekan jumlah kasus Covid-19. Untuk itu Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perubahan Perilaku Covid-19 di Karangasem, Kamis (19/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 yakni 3M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak atau hindari kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun. Pjs Bupati Karangasem dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta menyampaikan, saat ini kasus di Kab. Karangasem belum tuntas.

Melalui kegiatan ini pihaknya berharap semoga penyebaran kasus Covid-19 dapat ditekan dan pandemi ini segera berkahir, sehingga masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan normal serta tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi himbauan pemerintah.

Sedana Merta menyampaikan, acara ini disinkrunkan dengan direkrutnya Kader Satgas Baru Oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kabupaten Karangasem.

Kader ini terdiri dari Unsur Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Serta Unsur Sub PPKBD dan masyarakat. Para Kader nantinya akan bertugas untuk melakukan sosialisasi perubahan perilaku 3 M (Memakai Masker dengan Benar, Mencuci Tangan dengan Sabun Pada Air Mengalir, Menghindari Kerumunan dan Menjaga Jarak Minimal 1 Meter) dengan sasaran utama lingkup keluarga.

“Keluarga menjadi sentral utama dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakan penanganan covid-19, kepatuhan anggota keluarga dalam melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sangat berpengaruh besar dalam menekan dampak pandemi covid-19. Keluarga” berperan penting melindungi, mensosialisasikan, dan mengajarkan anggota keluarganya untuk selalu memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun,” pungkasnya.

Sementara Kepala Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Dr Dwi Listyawardani, mengatakan BKKBN telah mengerahkan ribuan petugas lapangan untuk mensosilisasikan gerakan 3M. “Untuk di Provinsi Bali sendiri sosialisasi dilaksanakan di 2 kabupaten yaitu Karangasem dan Gianyar dengan menggerakkan sebanyak 750 petugas yang terdiri dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), kader kelompok kegiatan dan mitra kerja”, ujarnya.

Dwi Listyawardani, menambahkan, BKKBN bersama Satgas Penanganan Covid-19 akan melaksanakan program penguatan pencegahan Covid-19 bagi individu, keluarga, dan komunitas melalui berbagai saluran dan pendekatan. Petugas sosialisasi ini ditugaskan untuk mengingatkan langsung ke individu jika kedapatan melanggar protokol kesehatan, membagikan brosur, hingga menyebarkan berita baik ke grup di media sosialnya. Sementara untuk komunitas, petugas sosialisasi akan mendekati tokoh-tokoh masyarakat dan juga kegiatan berkelompok untuk mendukung penerapan protokol kesehatan Covid-19.(BTN/ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *