Sudah Kantongi Sertifikat CHSE, The Haven Suites Bali Berawa Yakinkan Pelanggan untuk Stay

by -18 views

Tidak ada alasan lagi bagi para pelanggan The Haven Suites Bali Berawa untuk ragu dan tidak bisa menginap dan tinggal di hotel dengan panorama pantai eksotik itu. Pasalnya, resort yang beralamat di Jl. Pemelisan Agung, Tibubeneng, Banjar Berawa, Kuta Utara, Kabupaten Badung itu telah mengantongi Sertifikat Clean, Health, Safety & Environment (CHSE) dari pemerintah. “Sertifikasi ini memberikan jaminan kepada tamu yang akan menginap di hotel yang sudah tersertifikasi dari sisi Cleanliness, healthy and safety,” kata Human Resource Manager, Deden, Senin (16/11).

Program Sertifikasi CHSE atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan ini merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha atau fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata. “Sertifikasi CHSE berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Sertifikat itu sudah kami terima pada, Jumat 13 November 2020 lalu dengan poin penilaian sebesar 98/100,” ujar pria ini senang.

Tim auditor yang melakukan audit adalah para praktisi dibidang pariwisata yang juga dipilih secara langsung oleh Sucofindo. Tim auditor terdiri dari Yohanes Dian S. N seorang praktisi HR dan Ni Luh Putu Agustini Karta seorang Wakil Rektor Bidang Akademik di Universitas Triatma Mulya. Beberapa poin yang dinilai, seperti kebersihan di setiap area dan outlet hotel, protokol Kesehatan Covid-19 juga tingkat keamanan yang disediakan oleh pihak hotel terkait bencana alam, seperti kebakaran, gempa bumi, dan tsunami.

The Haven Suites Bali Berawa yang kembali beroperasi sejak 1 September 2020 lalu sudah secara langsung menjalankan tatanan hidup era baru, new normal. Menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitasi diberbagai area hotel, memasang tanda pengatur jarak, poster informasi mengenai new normal, hingga persiapan ruang isolasi. Tamu, karyawan atau siapa saja yang datang ke hotel wajib mengikuti cek suhu tubuh. “Selain wajib pakai masker, kami menyediakan tempat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir itu dibanyak tempat, sehingga mudah ditemukan para tamu,” ucapnya.

Deden mengatakan, khusus untuk penerapan program CHSE ini, Tim Auditor Yohanes Dian S mengucapkan terima kasih karena The Haven Suites Bali Berawa sudah melakukan program-program terkait dengan CHSE tersebut. Dengan penerapan hal tersebut, hotel telah menjamin tamu-tamu yang datang ke hotel dari sisi Cleanlines, Healty and safety. Bahkan ikut serta dalam program pelestarian lingkungan. “Semoga ke depannya pariwisata Bali cepat pulih,” ucap Deden menirukan ucapan Yohanes Dian S.

Pria yang kreatif menjalani tatanan kehidupan Bali era baru itu berharap, semoga dengan adanya gagasan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreaktif dapat memberikan angin segar untuk sektor pariwisata di Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. “Dengan penerapan CHSE ini, kami berharap mampu membuat negara-negara di luar sana tidak khawatir untuk memberikan izin kepada warga negaranya untuk melakukan traveling ke Bali dan Indonesia umumnya,” tutup Deden penuh harap. (BTN/bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *