Swap Energi Indonesia, Dorong Pariwisata Bali Green

Swap Energi Indonesia, Dorong Pariwisata Bali Green

Ekspatriat sangat senang dengan wisata green. Wisatawan mancanegara, khususnya dari Eropa juga menyukai destinasi yang hijau, dan ramah lingkungan. Karena itu, Bali memang sepatutnya didorong sebagai pariwisata berkelanjutan. “Hadirnya motor listrik di Bali ini mendorong pariwisata Bali berkelanjutan. Pertama, akan terjadi penurunan emisi karbon, penurunan panas, ketika Bali melakukan konservasi lingkungan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta disela-sela peluncuran Swap Indonesia di Bali, Jumat (17/12).

Dari segi bahan bakar akan sangat membantu dalam konservasi lingkungan, karena tidak akan menimbulkan kebisingan. Motor listrik juga menurunkan kebisingan, sehingga suaranya tidak akan bersaing dengan suara genta pemangku (pendeta) yang sedang menghaturkan sesajen. Kehadiran motor listrik ini menjadikan suasana lebih tenang dan adem. Ini sebagai inisiatip yang bagus untuk pertamakalinya swap hadir di Bali. Hal ini akan memberi warna baru sepeda motor pengganti motor berbahan bakar. “Saya berharap sepeda motor listrik lebih cepat tumbuh di Bali, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih,” tegasnya.

Founder PT Swap Energi Indonesia, Irwan Tjahaja mengatakan, bumi yang kita cintai diterpa isu bencana alam yang makin sering terjadi. Bencana alam karena alam dan ulah manusia. Laut tercemar, hutan semakin gundul, dan pemanasan global menjadi isu penting. Melihat kondisi itu, misi Swap Energi ingin melangkah membantu pemerintah berusaha untuk memperlambat pemanasan global ini. “Swap Energi Indonesia hadir untuk menjadi solusi bagi pengendara motor listrik. Swap Energi Indonesia berkolaborasi dengan Circle-K berkomitmen untuk
menyediakan ratusan titik penukaran baterai (Swap Poin) di seluruh outlet Circle-K Bali,” ucapnya.

Swap Energi dengan Circle-K tentu ikut merealisasikan salah satu agenda utama G20 yaitu transisi energi. Selain itu, kolabiorasi ini beritikad baik untuk peduli dengan sosial dan meningkatkan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Dengan inovasi dalam kemajuan transportasi, kebutuhan mobilitas masyarakat dapat terpenuhi tanpa memberikan dampak buruk terhadap sekitarnya. “Hanya dengan menukarkan baterai 9 detik, pengguna sudah mendapat baterai penuh untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan jarak tempuh tanpa batas,” paparnya.

Sekretaris Jendral Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), Peter Kho mengatakan, motor listrik akan bisa membuat lingkungan hijau, sehingga lebih banyak wisatawan dating ke Pulau Dewata. Wisatawan sangat menyikai lingkungan yang bersih dan hijau. Pariwisata hijau ke depan adalah yang terbaik. “Motor listrik dapat menekan polusi, sehingga Bali menjadi lebih bersih. Biaya juga akan menjadi lebih murah karena menggunakan listrik. Apalagi, saat ini Indonesia mempunyai bahan baku battery, sehingga menjadi lebih murah,” ucapnya.

Direktur Utama PT. Circleka Indonesia Utama, Yosef Nyoman Gunadi mengatakan, Saat ini Swap menggandeng Smoot Motor Indonesia menghadirkan Smoot Motor Listrik Pintar yang dilengkapi dengan Swap baterai. Smoot Motor Listrik Pintar juga terintegrasi dengan aplikasi Swap Energi dengan berbagai fitur pilihan, seperti menemukan titik penukaran baterai terdekat, cek kondisi motor maupun baterai, dan mengaktifkan sistem keamanan anti maling. “Ini saatnya bagi Indonesia untuk mengambil langkah nyata peduli pada sosial dan lingkungan. Mari kita tingkatkan lagi semangat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang,” ucapnya.

Dengan mengambil langkah kecil, maka akan bisa membawa perubahan untuk memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta menciptakan generasi selanjutnya yang bisa menikmati keindahan bumi di masa depan. “Saatnya ambil bagian, yuk kita dukung Indonesia dalam transisi yang lebih cepat menuju target emisi nol bersih,” ajaknya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us