Tabanan Fokus Kembangkan Tanaman Lokal Unggulan

Tabanan Fokus Kembangkan Tanaman Lokal Unggulan

Rumah imbas dan rumah percontohan terkait program HATINYA PKK yang dimulai sejak Mei 2021 semua telah memenuhi standar yang kebanyakan mengedepankan menanam-tanaman unggulan yang merupakan potensi lokal wilayah setempat. “Saya lihat bagus sekali dan tanaman-tanaman yang menjadi faktor pendukung utama sebagai rumah imbas dan rumah percontohan sudah lengkap,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya saat melakukan kunjungan monitoring HATINYA PKK di Desa Mundeh Kangin Kecamatan Selemadeg Barat dan Desa Sai, Kecamatan Pupuan, Selasa, (29/6).

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menekankan masih banyak yang perlu disempurnakan. Mengingat momen ini merupakanan akhir dari kunjungannya di 10 Kecamatan dalam rangka monitoring sekaligus mensukseskan program AKU HATINYA PKK di Kabupaten Tabanan. Saat itu Ia juga meminta para Camat dan seluruh Perbekel agar mengawal program ini. “Saya minta Kepada Bapak Camat dan Bapak Perbekel dan semua pihak terkait untuk mengawal program ini dengan sungguh-sungguh. Mari kita mulai dari sekarang, kembangkan segala upaya dan kreativitas untuk bersama-sama mensukseskan program AKU HATINYA PKK ini di Tabanan,” ajaknya.

Menurutnya, program ini memberikan manfaat yang sangat positif bagi masyarakat terutama di masa pandemi ini untuk sekedar memenuhi kebutuhan keluarga, bahkan untuk nilai ekonomis. Mengingat dalam setiap kunjungannya sebelumnya, berbagai jenis tanaman yang dikembangkan warga cukup beragam yang kebanyakan merupakan tanaman lokal setempat.

Dalam kunjungan sebelumnya, di Desa Berembeng, Selemadeg Timur dengan tanaman unggulannya Serai Wangi, di Desa Mundeh Kangin yang mengembangkan Tanaman unggulan seperti Durian, Kelapa lokal, cocoa dan tanaman obat seperti binahong merah, jeruk nipis hingga tamaman hias seperti monstera dan begonia yang membuat nama Desa Mundeh Kangin tersohor hingga mancanegara. “Jangan dulu berfikir untuk mengembangkan tanaman yang aneh-aneh hanya untuk pengakuan. Cukup kembangkan potensi lokal yang ada setidaknya mampu memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga manfaat program ini bisa dirasakan, terlebih di masa pandemi ini. Hal ini juga berlaku untuk semua Desa di seluruh Kabupaten Tabanan,” imbuh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Saat itu, Ny. Rai Wahyni Sanjaya yang juga selaku Ketua K3S Tabanan didampingi oleh Ketua GOW dan Ketua DWP Kabupaten Tabanan, Pokja 3, serta Kepala Desa, Camat dan Perbekel setempat. Nampak juga saat itu beberapa warga yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us