Tabanan Menuju Smart City

Tabanan Menuju Smart City

Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. I Gede Susila, S.Sos, M.Si, menghadiri undangan penilaian assessment gerakan smart city di Ruang Rapat Diskominfo, Kantor Bupati Tabanan, Senin (1/11). Turut hadir dalam undangan, Team Penilai (Assessment) Kominfo Pusat, Kepala Bapelitbang, Kadis Kominfo dan Team Teknis Smart City Kabupaten Tabanan. Acara assessment gerakan smart city di Tabanan ini, sebelumnya pernah diikuti pada tahun 2019 ini menjadi salah satu daya dorong untuk mengarahkan seluruh sektor pembangunan melalui pelayanan lebih baik, cepat, dan akurat dengan teknologi informasi dan tata kelola yang efisien.

Hal tersebut diyakini mampu memberikan sentuhan kecepatan, kemudahan, keakuratan terhadap pola pelayanan publik yang diharapkan masyarakat pada kehidupan masa kini. Hal-hal yang menunjang rencana implementasi smart city di Kabupaten Tabanan meliputi; peningkatan pelayanan masyarakat dalam pelayanan standard UMKM dan Ecotourism melalui TI, penguatan infrastruktur, penguatan SDM Pemerintah, Integrasi Data Center dan Data Warehouse, Penguatan Aplikasi Penunjang Smart city serta Regulasi Implementasi Smart City di Kabupaten Tabanan.

Penerapan Aplikasi Pelayanan Publik (Government to Citizen) secara multi-platform diharapkan mampu mempermudah pelayanan public serta terciptanya e-commerce bagi masyarakat desa dalam memasarkan hasil pertanian, peternakan dan sebagainya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat (citizen to business) dengan basis pertanian dalam arti luas, potensi desa (BUMDES), budaya dan wisata desa.

Pemerintah Kabupatenj (Pemkab) memberi apresiasi dan dukungan khususnya pada team teknis smart city Kabupaten Tabanan, yang selalu berkomitmen sehingga implementasi smart city di Tabanan dapat berjalan dengan baik. “Hal tersebut agar mampu menunjang visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” kata Sekda Susila.

Sebagai Visi smart city, selayaknya harus diwujudkan untuk mengoptimalkan pelayanan publik serta meningkatkan kinerja pemerintah dan pembangunan Kabupaten Tabanan yang bersandar pada Konsep Asta Program yakni: Pembangunan berbasis riset dan inovasi, membangun data desa presisi, reformasi birokrasi, pembangunan jasmani dan rohani yang sehat dan kuat, ekonomi yang berkeadilan sosial, hukum yang berkeadilan, kesejahteraan rakyat dan pembangunan industri yang berbasis potensi lokal.

Pihaknya meminta kepada perangkat daerah yang membidangi pelaksanaan program smart city untuk bersungguh-sungguh dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan program. “Mewakili Bupati, saya menyampaikan mari bersama-sama sukseskan program Smart City dengan pemanfaatan teknologi, untuk memaksimalkan potensi daerah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us