Tanam Pohon di Desa Lokapaksa, Peringati Bulan Bung Karno

Tanam Pohon di Desa Lokapaksa, Peringati Bulan Bung Karno

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksankan penanaman pohon di Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt dalam memperingati Bulan Bung Karno tahun 2021. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Lokapaksa, Senin (21/6). Penanaman pohon dihadiri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, dipilihnya Desa Lokapaksa karena masyarakatnya sudah menyatakan kesiapan untuk merawat pohon-pohon yang ditanam. Pohon yang ditanam juga sudah disesuaikan dengan ketinggian dan kondisi dari Desa Lokapaksa. “Seperti duwet, sirsak dan cempaka. Kalau cempaka, memang Desa Lokapaksa menjadi daerah asalnya. Harganya mahal. Bayangkan saja, cempaka ini dicari bijian. Makin dicari makin berbunga. Bagi kita menanam ini masalah merawat saja,” jelasnya.

Kesesuaian jenis tanaman dengan daerah yang akan ditanami perlu diperhatikan. Dinas terkait yaitu Dinas Pertanian jika memberikan bibit harus disesuaikan dengan ketinggian dan tingkat keasaman tanah. Begitu pula dengan teknologi pertanian dan jadwal tanam.”Saya mau diskusi dengan Gung Weda (pelaku pertanian di Buleleng) juga dengan sistem tetes bisa diatur tidak lebih panjang jarak musimnya itu. Ini kan penting. Tidak dibiarkan alam membuat sendiri musim itu. Karena berhubungan dengan alam kan. Musim hujan ada yang berbuah. Sekarang coba rekayasa dengan air yang kita miliki bagi yang punya air, sehingga ada nilai di dalamnya,” ucapnya.

Mengenai peringatan Bulan Bung Karno khususnya dalam pembangunan lingkungan, Agus Suradnyana mengungkapkan Bung Karno telah melihat bagaimana kayanya alam Indonesia. Bagaimana keragaman vegetasi di Indonesia. Itu terlihat dari buku yang sudah disusun. Melalui puisi yang diciptakan Bung Karno mengenai kekayaan dan keindahan alam Indonesia tersebut. “Yang kita terjemahkan sekarang ini adalah kita memiliki alam yang memang gampang sekali menanam pohon-pohon. Berbeda dengan luar negeri yang mungkin hanya banyak pinus. Nanti musim salju tidak ada daun semua. Sedangkan kita terus punya oksigen yang cukup,” tutupnya.

Peringatan Bulan Bung Karno III tahun 2021 Provinsi Bali ini mengambil tema “Wana Kerthi Taru Prana Bhuwana” yang berarti Pohon/Hutan Sebagai Nafas Bumi/Dunia. Untuk di Buleleng, Gerakan Menanam Pohon dipilih di Desa Lokapaksa dengan jumlah pohon yang ditanam mencapai 1.000 pohon meliputi Pohon Cempaka, Nangka, Sirsak dan Duwet. Penanaman ini juga melibatkan masyarakat Desa Lokapaksa. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us