Tempat Wisata, Perlu Dipantau Khusus serta Serius

Tempat Wisata, Perlu Dipantau Khusus serta Serius

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan grafik penurunan dan ada tanda terkendali. Namun dengan situasi yang masih berbeda-beda antar daerah, masih berpotensi mengalami peningkatan.
Perkuat 3T (Testing Tracing dan Treatment) , 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) dan Vaksinasi serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus terus dilakukan dan diperluas. Penerapan PPKM juga terus dijalankan. Ini diperlukan untuk menekan jumlah kasus pada tingkat yang rendah, sehingga dapat mencegah terjadinya gelombang baru. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa dan Bali Periode 14-20 September 2021, Selasa(21/9).
Rapat ini diikuti oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama tim Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung dari ruang Video Conference Kantor Bupati setempat..
” Saya minta ada random testing yang rutin dilakukan terhadap pekerja di tempat-tempat dengan risiko tinggi: perkantoran, industri, mall, tempat wisata. Akselerasi vaksinasi merupakan syarat perlu untuk proses transisi menuju endemic. Oleh karenanya Saya minta Gubernur, Bupati, Walikota bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mempercepat vaksinasi terutama untuk Lansia dan difokuskan pada kabupaten kota yang masih tertinggal.
Target vaksinasi khususnya untuk lansia harus bisa dicapai maksimal akhir Oktober agar jika terjadi gelombang berikutnya akibat liburan Nataru, angka kematian tidak tinggi.” ujar Menko Luhut.

Untuk penjabaran tingkat lokal, Bupati Suwirta terus menggencarkan vaksinansi yang digerakkan oleh pemerintah maupun bergandengan dengan pihak swasta serta kalangan profesi. Masyarakat diharuskan untuk tidak lengah. Jangan terjebak euforia penurunan Level PPKM untuk Bali yang dari Level 4 ke Level 3. Juga jangan lengah ketika penurunan level itu membuka kesmepatan hampir seluruh objek wisata dibuka dalam rangka uji coba. jangan lengah, tetap memakai masker, mencuci tangans erta menjaga jarak. Apalagi Menko Luhut secara khusus menyebut tempat wisata sebagai lokasi yang mesti diberi perhatian khusus serta serius karena sangat rentan menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Terkait dengan ini, Bupati Suwirta beberapa waktu lalu secara simbolis sudah membuka tempat wisata untuk para pengunjung. Ada beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Nusa Penida terdapat Pantai Kelingking, Pantai Atuh dan sebagainya. Juga Nusa Lembongan serta Nusa Ceningan. Di daratan Klungkung juga ada Pura Goa Lawah yang digunakan sebagai tempat ritual tetapi juga wisata spiritual. Semua tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan temat cuci tangan serta hand sanitizer. (BTN/pal)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us