Tidak Gunakan Masker, Tiga Orang Didenda

Tidak Gunakan Masker, Tiga Orang Didenda

Jangan coba-conba tidak menggunakan marker kalau sedang bepergian. Jika membandel, pasti diciduk Tim Yustisi Kota Denpasar. Lihat saja, pada saat tim ini melaksanakan operasional penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Levei 4, Senin (13/9), ada 17 orang pelanggar yang diciduk. Itu karena mereka tidak menggunakan masker dan ada juga yang salah memakai masker. “Karena tidak taat prokes, maka kami berikan sangksi,” kata Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga disela-sela kegiatan tersebut.

Ketika ditanya para petugas, pengakuan mereka bermacam-macam. Ada yang mengatakan jaraknya dekat, ada yang mengaku lupa, dan ada pula yang langsung memohon maaf karena tahu dirinya tidak taat pada aturan yang berlaku. Walau demikian, sanksi tetap berjalan, sehingga dapat menjadi pelajaram untuk tetap menjalankan kehidupan era baru dengan menerapkan prokes. Dari 17 pelangar prokes itu, sebanyak 3 orang diberikan denda di tempat karena tidak menggunakan masker, dan 14 orang diberikan pembinaan karena menggunakan masker tidak pada tempatnya.

Warga yang tidak benar memakai masker itu, kebanyakan menggunakan masker di dagu, tidak menutup hidung dan mulut secara keseluruhan. Banyak dari mereka yang megaku susah bernafas sehingga maskernya diturunkan hingga ke dagu. Namun, dalam mengubah prilaku masyarakat dan sebagai upaya menekan penularan Covid-19, Tim Yustisi ini memberikan pembinaan, dan tetap memberikan sanksi fisik dan sanksi administrasi. “Kami sangat menyayangkan pandemi yang sudah hampir 2 tahun berjalan ini, masih saja ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker dan salah menggunakan masker,” ungkap Sayoga menyayangkan.

Para pelanggar Prokes itu dijaring di TL. Jalan Imam Bonjol – Jalan Gunung Karang Desa Pemecutan Kelod Kecamatan Denpasar Barat. Ketika dibina, Tim Yustisi menyampaikan, jika ingin pandemi ini melandai, maka masyarakat selalu mematuhi prokes. Salah satunya yang terpenting,  adalah selalu menggunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dan mengatur jarak serta menjauhi kerumumann. “Kalau sudah taat menggunakan masker, itu akan dapat menekan penularan Covid-19, sehingga pandemi ini cepat berlalu dan perekonomian cepat normal,” harapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us