Tingkatkan Disiplin Prokes, Karangasem Terima Masker dari Kemenkes

by -7 views

Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta menyerahkan 1.000 masker bantuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada Kepala BPKSDM I Gusti Gede Rinceg. Ribuan masker itu kemudian akan dibagikan kepada para ASN dalam upaya pencegahan Covid-19, Rabu (18/11).

Terkait bantuan 1.000 masker dari Kemenkes RI, Sekda Sedana Merta mengatakan hal ini bertujuan menggerakkan kesadaran dan mengingatkan kembali masyarakat bahwa budaya pakai masker belum berakhir. “Mari ASN dilingkungan Pemerintah Daerah memberikan contoh kepada masyarakat untuk membiasakan diri memakai masker agar terhindar dari penularan COVID-19,” ajak Sedana Merta.

Penularan COVID-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung/ mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda /permukaan atau tangan.

Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di tempat kerja, pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut.

Sekda Sedana Merta mengatakan upaya-upaya untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu Selalu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menjaga Jarak.

Pada masa pandemi masyarakat Indonesia diharuskan hidup dengan tatanan baru dan beradaptasi terhadap situasi pandemi yang kemungkinan akan berlangsung lama. Cepat atau lambatnya persebaran virus ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin menjalankan protokol kesehatan.(BTN/ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *