TP PKK Gianyar Launching Posyandu Seroja Aman

TP PKK Gianyar Launching Posyandu Seroja Aman

Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra meluncurkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Sehat Rohani dan Jasmani (Seroja) Aman di Kabupaten Gianyar dalam rangka memperingati hari kesehatan jiwa sedunia di Wantilan Ancaksaji, Puri Peliatan Ubud, Selasa (26/10). Pada kesemapatn itu juga diisi dfengan penyerahan bibit tanaman hatinya PKK bantuan CSR Bank BPD Bali.

Ketua Panitia Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan, maksud pembentukan Posyandu Seroja untuk melayani kesehatan masyarakat atau anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa secara terpadu dalam wadah Posyandu di desa. Selain itu, juga untuk mencegah semaksimal mungkin munculnya penderita gangguan jiwa, mencegah terjadinya penderita gangguan jiwa berat di masyarakat, serta mengurangi beban keluarga yang memiliki anggota keluarga penderita gangguan jiwa. “Juga untuk mewujudkan masyarakat Gianyar yang sehat rohani dan jasmani (Seroja),” katanya.

Adapun jumlah desa yang mengikuti launching Posyandu Seroja Aman sebanyak 21 desa yang telah membentuk Posyandu Seroja Aman. Anggaran dalam kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten dan APBDes. “sebanyak 21 desa yang telah membentuk Posyandu Seroja Aman, sumber dananya dari APBD Kabupaten dan APBDes,” ujar Dewa Ngakan Ngurah Adi.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, berdasarkan Undang –undang 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. “Secara holistik dan kesehatan jiwa merupakan bagian dari kesehatan yang tidak dapat dipisahkan,” ucapnya.

Posyandu yang dilakukan, oleh dan untuk masyarakat. Sejalan dengan itu, maka Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa serta TP. PKK Kabupaten Gianyar membuat inovasi dalam upaya lebih meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Yakni, dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengalamai ODGJ dan ODMK melalui pembentukan Posyandu Seroja Aman di Kabupaten Gianyar.

Hal itu penting, sehingga masyarakat memiliki wadah atau lembaga untuk pelayanan kesehatan mulai dari ibu hamil, balita, para remaja (Posyandu Remaja), para lansia (Posyandu Lansia), penyakit tidak menular (Posbindu), dan ODGJ/ODMK yang ada di masyarakat,” kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Acara launching Posyandu Seroja Aman juga dirangkaikan dengan penyerahan kursi roda bagi lansia dan penyandang disabilitas, penyerahan bibit tanaman untuk kader-kader PKK guna mendukung program Aku Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga, serta penyerahan majalah PKK yang diberikan oleh Ketua TP. PPK Provinsi Bali kepada Ketua TP. PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gianyar.

Turut hadir Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali, Anggota DPRD Kabupaten Gianyar dapil Ubud dan dapil Tegallalang, Kepala Dinas PMD, Camat Ubud, Kepala Cabang BPD Bali Cabang Gianyar, Ketua TP. PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gianyar, Kepala UPT Kesmas Se-Kabupaten Gianyar, Kepala Desa Peliatan, serta Ketua TP. PKK Desa. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us